Minggu, 18 Desember 2016

POHON IDAMAN dan mengenai Ibadah



POHON IDAMAN dan mengenai Ibadah


 Pohon apakah yang paling baik? Mestinya pohon yang baik itu memenuhi tiga kriteria berikut. Pertama, akarnya harus dalam menghunjam bumi sehingga ia tidak mudah tercabut. Kedua, batang dan rantingnya dengan daunnya yang rimbun menjulang tinggi ke angkasa. Dan ketiga, buahnya banyak dengan rasa yang lezat.
Sabda Rasulullah S.A.W : " Barang siapa hafal tujuh kalimat, ia terpandang mulia di sisi Allah dan Malaikat serta diampuni dosa-dosanya walau sebanyak buih laut "
1. Mengucap Bismillaah pada tiap-tiap hendak melakukan sesuatu.
2. Mengucap Alhamdulillaah pada tiap-tiap selesai melakukan sesuatu.
3. Mengucap Astaghfirullaah jika lidah terselip perkataan yang tidak patut.
4. Mengucap Insya-Allah jika merencanakan berbuat sesuatu di hari esok.
5. Mengucap "La haula walaa quwwata illa billaah" jika menghadapi sesuatu tak disukai dan tak diingini.
6. Mengucap "inna lillaahi wa inna ilaihi rajiuun" jika menghadapi dan menerima musibah.
7. Mengucap "La ilaaha illa Allah Muhammad Rasulullah" sepanjang siang dan malam sehingga tak terpisah dari lidahnya .
Dari tafsir Hanafi, mudah-mudahan ingat, walau lambat-lambat mudah-mudahan selalu, walau sambil lalu mudah-mudahan jadi boleh, karena sudah biasa.
Dari sudut pandang ini, manusia yang 'bagus' mestinya seperti pohon yang memenuhi tiga kriteria tersebut. yaitu keyakinannya yang dalam, sehingga imannya tidak terpengaruh oleh lingkungan seburuk apapun (ibarat mutiara, ia tetap bersinar walaupun berada di dalam lumpu) ; jiwanya luas menembus dimensi ruang dan waktu ; serta kehadirannya memberikan banyak manfaat bagi manusia lainnya.
hemm...boleh nambah jaringan teleponnya gak neh??
22228224222423224283
2. shalat wudlu
2.shalat rawatib
2. shubuh
2. shalat wudlu
8. dhuha
2. shalat wudlu
2. rawatib
4. dhuhur
2. rawatib
2. wudlu
2.rawatib
4. ashar
2. wudlu
3. maghrib
2. wudlu
2. rawatib
4. isya'
2. shalat wudlu
8. shalat lail
3. witir
huehueheuee...nomor telepon ini bukanlah fixed telepon, jadi bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan keinginan anda.
Bila kita perhatikan, bagian yang terpenting dari pohon itu adalah akar. Akar inilah yang menentukan besarnya batang ataupun kualitas buahnya. bila akarnya lemah, niscaya batangnya pun lemah dan buahnya sedikit bahkan mungkin tidak berbuah. Oleh karena itulah akar tanaman ini harus kita rawat sebaik-baiknya yaitu dengan jalan memberikannya pupuk yang cukup dan melindunginya dari tanaman-tanaman lain.
Pada manusia, akar itu adalah keyakinan. Bila keyakinannya kuat, maka jiwa dan amal perbuatannya otomatis akan baik. Keyakinan yang dimaksud adalah keyakinan yang berkaitan dengan tauhid atau pengenalan Tuhan. Selama pemahaman tauhid ini tidak mengakar di dalam jiwa, maka selama itu pula batang dan buahnya akan merana.
Mengenal Tuhan bukan berarti kita harus melihat-Nya dengan mata kepala sendiri ; tetapi maksudnya adalah mengenal sifat-sifat-Nya yang luhur, mengetahui keinginan-keinginan-Nya, memahami keadilan dan kebijaksanaan-Nya, menyadari anugerah dan kasih sayang-Nya dan menyadari kemampuan atau kehebatan-Nya. Termasuk juga mengetahui bagaimana campur tangan-Nya dalam kehidupan manusia. Singkatnya, mengetahui segala sesuatu yang melekat pada-Nya.
Bila ajaran tauhid ini telah dipahami dengan benar, maka niscaya manusia akan dapat menjadi 'POHON IDAMAN'. Masalahnya barangkali adalah, apakah kita sendiri sebenarnya ingin menjadi 'pohon idaman' atau tidak. Karena konsekuensi logis dari keinginan ini berarti kita harus mempelajari tauhid. Sedangkan untuk bisa mempelajari tauhid dengan baik, kuncinya adalah kita harus meredam hawa nafsu yang berlebihan terhadap tipuan kenikmatan duniawi. Nah, sudah relakah kita untuk tidak ditipu?
Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau........... (Muhammad 47 : 36)                                        Bermegah-megahan telah melalaikan kamu sampai kamu masuk ke dalam kubur. (At-Takaatsur 102 )

Tidak ada komentar: