Selasa, 13 Desember 2016

Mengaduk Strawberry Shortcake



Mengaduk Strawberry Shortcake
Iva Avianty mencoba menggulirkan kisah Chicklit Strawberry and Shortcake. Buku setebal delapan halaman ini mengusik saya untuk membacanya. Sebenarnya kisah ini bukanlah kisah yang begitu inspiratif. Terkesan mapan dan alur yang tidak begitu loncat. Yup, bahasa yang digunakan menggunakan bahasa novel remaja kebanyakan. Bisa dibilang agak polos dan beralur agak runtut. Kisah ini dibuka dengan rumus cara bikin strawberry shortcake dengan bahasa inggrisnya. Tiap pergantian bab diselipkan dengan rumus yang sudah diIndonesiakan.
Cerita ini berkisar antara Sophia dan Bayu. Dua orang manusia yang dipertemukan dengan model coincidence ala sinetron. Kisah dilanjutkan dengan pertemuan sekilas antara Sophia dan Bayu disebuah rumah makan, dibuat terkesan getir dan agak gaul.
Cerita kemudian melompat kesebuah suasana sekolah Menengah Atas dimana akhirnya mereka dipertemukan. Kisah roman anak muda dimainkan oleh Iva disini. Sebenarnya titik emosional tetap dimainkan sampai mereka lulus kuliah di UI, yang membuat terkesan berbeda adalah ketika mereka digambarkan sebagai aktivis kampus yang religious (rohis) dan memiliki guru pengajian masing-masing. Satu dinding yang coba digambarkan ketika sebelum mengenal kedalaman islam dan sebelum mengenal kedalaman islam. Iva mencoba mengangkat dilemma disini ketika bab sudah menginjak pertengahan.
Pernikahan tidak bahagia yang dijalani Sophie juga tidak digambarkan terlalu mendayu oleh Iva, saya suka. Bermain dengan ketegaran. Hal yang diperlihatkan menyedihkan adalah foto Sophia yang mengurus, penggambaran Lala, sahabatnya.
Kisah ini juga bermain sisi yang berubah ubah. Kadang berada pada diri Sophie kadang berada pada posisi Bayu. Sayang Iva tidak begitu menerangkan bagaimana keluarga Bayu tersebut, secara mereka sudah bersahabat lama, hal ini begitu mengaburkan siapa Bayu sebenarnya, hanyaseorang yang berkaca mata minus, cakep, sakit-sakitan, dan old fashioned. Tidak lebih tidak kurang. Hal ini janggal, karena persahabatan sedari masa kecil itu bukan persahabatan yang lama. Dan lucunya keluarga Sophie tahu tentang pertemanan mereka.
Makna yang coba saya ambil dari kisah ini adalah pernikahan adalah suatu hal yang sakral. Tidak bisa digantikan kesakralannya oleh yang lain. Tapi bukan berarti bahwa pernikahan adalah awal dari kebahagiaan. Kefahaman bersama merupakan suatu yang musti dipelajari sedari awal.
Hidup merupakan keragaman yang harus dikecap bersama. Kebersamaan membuat kita mengerti akan arti kehidupan. Hidup bukan hanya ditertawai tapi juga dimaknai secara lebih dalam
Seperti sms lucu ini : La, ada Strawberry Shortcake di Daily Bread Cimall 
   

Tidak ada komentar: