Jumat, 04 Agustus 2017

SAMBUTAN KEPALA PERWAKILAN KEUANGAN KEMENTERIAN KEUANGAN PROVINSI RIAU PADA ACARA SOSIALISASI PIUTANG DAERAH, PENILAIAN BMD, DAN APLIKASI PERSEDIAAN DALAM RANGKA LKPD 08 DESEMBER 2015



SAMBUTAN KEPALA PERWAKILAN KEUANGAN
KEMENTERIAN KEUANGAN PROVINSI RIAU
PADA ACARA SOSIALISASI PIUTANG DAERAH, PENILAIAN BMD, DAN APLIKASI PERSEDIAAN DALAM RANGKA LKPD
08 DESEMBER 2015

Yang terhormat,
Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Riau dan Kepulauan Riau beserta Staf,
Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Riau dan Sumatera Barat beserta Staf,
Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau beserta Staf,
Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau beserta staf,
Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Riau beserta staf,
Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Riau beserta staf,
Kepala BPJS Kesehatan Riau beserta staf,
Kepala Pegadaian Kantor Wilayah II Pekanbaru beserta staf,
Kepala PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Pekanbaru beserta staf,
Direktur utama Bank Riau Kepri beserta staf,
Kepala PT BRI Kantor Wilayah Pekanbaru beserta staf,
Kepala PT BNI 46 Kanwil Pekanbaru beserta staf,
Kepala Mandiri KC Pekanbaru Sudirman Bawah beserta staf,
Kepala Cabang BTN Pekanbaru beserta staf,
Kepala PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) beserta staf.
Para Eselon 3, Eselon 4, dan staf lingkup Kementerian Keuangan provinsi Riau, yang berbahagia,

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua,
Pertama-tama marilah kita mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas segala rahmat dan karunia-Nya, kita masih diberi kesempatan untuk bertemu dan mengikuti kegiatan senam sehat keuangan  bersama dalam rangka Hari Oeang ke 70 yang akan diperingati tanggal 30 Oktober 2016 (sedianya) namun dengan SE 31/SJ/2016 telah ditentukan bahwasanya tanggal 31 Oktober 2016 dilaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Oeang ke 70.
Bapak, Ibu  hadirin yang berbahagia
Hari Oeang setiap tahunnya diperingati setiap tanggal 30 Oktober. Hari Oeang diperingati dalam rangka mengenang pertama kali mata uang Rupiah digunakan secara resmi oleh masyarakat Indonesia. Sebagai informasi, 30 Oktober disahkan sebagai Hari Keuangan Republik Indonesia oleh Presiden berdasarkan lahirnya uang emisi pertama Republik Indonesia, yang membanggakan seluruh rakyat Indonesia. Uang adalah lambang utama suatu negara merdeka serta sebagai alat untuk memperkenalkan diri kepada khalayak umum. Pada peringatan yang ke-70, tema yang diusung adalah "Kerja Nyata untuk Kemakmuran Rakyat melalui APBN yang Kredibel, Berkelanjutan dan Berkeadilan."
Adapun filosofi logo Hari Oeang ke-70 antara lain:
·         Bentuk lingkaran mencerminkan sebuah simbol harapan untuk APBN yang berkelanjutan dan berkeadilan;
·         Warna oranye dan kuning berbentuk lidah api, melambangkan kobaran untuk bekerja secara nyata;
·         Warna biru simbol air yang melambangkan transparansi dari APBN sehingga dapat dipercaya.

Kementerian Keuangan dalam pelaksanaan Kerja Nyata bagi bangsa Indonesia, telah melakukannya dalam berbagai lini arah kerjanya. Kanwil Ditjen Perbendaharaan Riau pada tahun 2016 ini telah mendengungkan Gerakan Fiskal Sehat. Suatu Gerakan  pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien. Gerakan tersebut yaitu: Perencanaan matang, Pelaksanaan efektif dan Efisien, Prioritas Program Pemerintah, Tidak mark up tidak fiktif, dan Pertanggung jawaban akuntabel dan tepat waktu.
Kanwil DJP Riau dan Kepri secara konsisten mengawal Tax Amnesty. Kanwil DJP Riau Kepri telah menerima uang tebusan sebesar Rp 724 miliar dari 8.700 wajib pajak (WP) yang ada di Provinsi Riau periode pertama program ini,  Juli hingga September 2016. Kami mengapresiasi kerja keras yang dilakukan rekan-rekan Kanwil DJP Riau kepri.
Kantor Wilayah Bea Cukai Riau-Sumatera Barat berhasil mengungkap sebanyak 284 kasus penyelundupan dengan total nilai tangkapan mencapai Rp177 miliar sepanjang Januari-Oktober 2016. Tiga komoditas dengan potensi kerugian negara tertinggi yang diungkap Bea Cukai Kanwil Riau Sumbar adalah rokok yang meliputi 104 kasus, bawang dan gula 45 kasus dan minuman keras 37 kasus.
Kanwil DJKN Riau, Sumbar, dan Kepri melaksanakan program memperbaiki pengelolaan keuangan dan aset daerah Pemerintah Kabupaten kota dalam lingkup Provinsi Riau.  Kanwil DJKN Riau, Sumbar, dan Kepri mensosialisasikan Laya­nan Terpadu Kekayaan Negara (Lentera KN)­. Tujuannya adalah untuk mensinergikan antara p­rogram Lantera KN dengan Pemkab dan dan pemkot lingkup Provinsi Riau.
BDK Pekanbaru tahun ini berhasil meluluskan 112 mahasiswa DI Spesialisasi Pajak dan Bea Cukai. IPK rata-rata di spesialisasi Kepabeanan dan Cukai sebesar 3,50 dari 27 mahasiswa dan spesialisasi Pajak sebesar 3,48 dari 85 mahasiswa. Tanggal 27 September 2016 Balai Diklat Keuangan Pekanbaru menyelenggarakan Diklat Prajabatan Golongan II Angkatan 8. Diklat dikuti oleh 60 orang peserta yang berasal dari unit-unit kerja Kementerian Keuangan di wilayah provinsi Riau dan Kepulauan Riau.
Bapak, Ibu  hadirin yang berbahagia
Ibu Menteri Keuangan memberikan arahan kepada jajaran kementerian keuangan untuk memperketat pengawasan terkait pungli (pungutan liar) dalam pelayanan publik di kementerian keuangan. Menindaklanjuti arahan ibu Menteri, Inspektorat Jenderal Kementerian keuangan mengeluarkan Surat SR-191/IJ/2016 tanggal 18 Oktober 2016 perihal Arahan Untuk Pencegahan Pungli. Ibu Menteri telah meminta seluruh jajaran Direktur Jenderal (Dirjen) untuk memperhatikan keluhan, kritik, dan saran, bahkan berbagai informasi yang datang dari masyarakat kepada Unit Eselon I, baik di Direktorat Jenderal Bea Cukai, Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, dan lainnya. Ibu Sri Mulyani menginstruksikan setiap atasan harus melihat bawahannya, apakah ada indikasi penyelewengan. Jika terjadi hal demikian, harus segera dilakukan tindakan tegas karena dia ingin memberantas praktik pungli di instansinya.
Bapak, Ibu  hadirin yang berbahagia
Dapat kami sampaikan bahwa dalam memperingati Hari Oeang yang ke 70 pada tahun ini, kami menyelenggarakan beberapa kegiatan, antara lain:
1.    Penghimpunan Bantuan Sosial
2.    Donor darah
3.    Pertandingan Olah Raga
4.    Senam Bersama dan dilanjutkan dengan pertunjukan seni
5.    Upacara Bendera yang sedianya dilaksanakan tanggal 30 Oktober 2016 akan dilaksanakan pada hari senin tanggal 31 Oktober 2016.
Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Oeang tersebut diikuti oleh seluruh jajaran pegawai pada unit vertical Kementerian Keuangan di Provinsi Riau.
Bapak, Ibu  hadirin yang berbahagia
Kami juga berharap bahwa,  kegiatan ini  dapat menjadi  sarana  silaturahmi antara jajaran rekan-rekan dalam lingkup Kementerian Keuangan Provinsi Riau.
Saya mengucapkan terima kasih atas kehadirannya kepada Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Riau dan Kepulauan Riau beserta Staf, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Riau dan Sumatera Barat beserta Staf, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau beserta Staf, Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau beserta staf, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Riau beserta staf, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Riau beserta staf, Kepala BPJS Kesehatan Riau beserta staf, Kepala Pegadaian Kantor Wilayah II Pekanbaru beserta staf, Kepala PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Pekanbaru beserta staf, Direktur utama Bank Riau Kepri beserta staf, Kepala PT BRI Kantor Wilayah Pekanbaru beserta staf, Kepala PT BNI 46 Kanwil Pekanbaru beserta staf, Kepala Mandiri KC Pekanbaru Sudirman Bawah beserta staf, Kepala Cabang BTN Pekanbaru beserta staf, Kepala PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) beserta staf, Para Eselon 3, Eselon 4, dan staf lingkup Kementerian Keuangan provinsi Riau.

Pada Akhirnya saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu yang telah hadir pada acara ini, semoga acara kita ini mendapat ridho dari Allah SWT dan Bapak/ Ibu dapat mengikuti kegiatan dari awal hingga berakhirnya  acara.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya dalam membangun sinergi demi peningkatan kinerja Kementerian Keuangan Provinsi Riau untuk membangun Riau Lebih Baik.

Billahittaufiq wal hidayah 

.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar: