Senin, 28 Agustus 2017

Kue Bolu Kembojo..Si Hijau yang Menggemaskan Dari Pekanbaru



Kue Bolu Kembojo..Si Hijau yang Menggemaskan Dari Pekanbaru
Bolu Kemojo termasuk mejadi kue khas Melayu dari Riau. Kue bolu kemojo biasanya disajikan pada hajatan, buka puasa, atau lebaran. Bolu Kemojo umumnya memiliki warna hijau kecoklatan. Bolu kemojo saat ini memiliki berbagai macam rasa, keju, coklat, kacang merah, pandan dan durian.
Kue Bolu Kemojo saat ini menjadi salah satu kue tradisional Pekanbaru. Warnanya yang hijau agak coklat dengan rasa dan aroma pandan menjadi ciri khas. Bolu Kemojo merupakan makanan khas Pekanbaru, yang dipopulerkan kembali oleh ibu Dinawati pada tahun 1998. Kue Bolu ini sebelumnya hanya dibuat untuk sekedar konsumsi dalam keluarga saja, dan tidak dijual secara komersial. Dengan berlalunya waktu, kue ini menjadi makanan khas riau. Ibu Dinawati saat ini membuka gerainya di Jalan Rajawali Pekanbaru.


Bolu Kembojo atau Bolu Kemojo konon berasal dari bunga kamboja, karena bentuk bolu ini yang seperti bunga kamboja. Seperti bolu yang lain, bahan dasar pembuat bolu kembojo berasal dari tepung terigu, telor, dan mentega. Pembeda yang utama dari kudapan khas pekanbaru ini yaitu disertakannya santan dalam adonan serta daun pandan.
Kue bolu kemojo terbuat dari campuran bahan telur, tepung, santan dan juga bahan yang lainnya. Kue bolu kemojo biasanya disajikan untuk  buka puasa atau acara hajatan. Saya mencoba mencari-cari resep kue bolu kemojo, dibawah disajikank resep bolu kemojo yang didapat di website http://www.resepnasional.com/cara-membuat-kue-bolu-kemojo-khas-pekanbaru-riau/.
Bahan :
  • 300 gr margarine ( dilelehkan )
  • 350 gr tepung terigu
  • gula pasir 300 gr
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 8 butir telur ayam
  • 600 ml santan kelapa
  • 50 ml air perasa daun suji
  • 1/2 sendok teh garam halus
Cara Membuat Bolu Kemojo :
  1. Campurkan telur dengan gula pasir kemudian dikocok sampai tercampur rata dan mengembang
  2. Masukkan tepung terigu, vanili bubuk dan garam sambil diaduk rata
  3. Tuang santan kelapa sedikit demi sedikit kemudian tuang margarine yang sudah dilelehkan kedalamnya
  4. Aduk hingga semuanya tercampur rata
  5. Panaskan cetakan kue bolu kemojo kemudian tuang adonan kedalamnya
  6. Panggang dalam oven selama 40-45 menit atau sampai matang
  7. Kue bolu kemojo Riau siap untuk dinikmati ketika buka puasa
Namun, apabila kita bukan penyuka pembuat kue dan merupakan pemburu makanan, di Pekanbaru ada juga spot-spot yang terkenal. Pasar bawah ada yang terkenal. Tempatnya di pojokan, tepat di bawah tangga turun dari lantai 1 Pasar Bawah menuju parkiran.  Tempatnya bersebelahan dengan berbagai makanan khas seperti dodol durian, keripik nenas, keripik nangka, oseng-oseng, dan sebagainya. Tempat tersebut bukan kios, namun agak nempel ditangga. Di etalase terpapar lusinan bolu kue kemojo. Disamping etalase ada cetakan didekat pembakaran, adonan terigu dan bahan lainnya. Pemilik usaha Bolu Kemojo dikenal dengan nama ibu Rosmaini. Jangan kaget kalo nanti antri ya, soalnya langsung dimasak, sehingga masih hangat. Kalo belum berubah, Bolu kemojo hanya Rp13.000 per cetakan untuk bolu kemojo rasa pandan, dan Rp16.000 untuk rasa jagung, durian, kentang, coklat, labu dan pisang.
Gerai Al-Mahdi yang berlokasi di Jalan Rajawali, nomor 72 D, Sukajadi sudah hadir sejak 15 tahun lalu, dari tahun 1998. Gerai Bolu Kemojo Al-Mahdi ini dimiliki oleh pelopor pengembang Bolu Kemojo di Riau yakni Dinawati SAg. Di Al-Mahdi ini, kita bisa membeli Kemojo lezat aneka rasa. Mulai dari rasa pandan, pandan spesial, durian, jagung dan cokelat. Kalau harga yang kecil sangat bervariasi dari Rp 1.500 sampai dengan Rp 3000. Kalau yang besar Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribu. Kue kemojo rasa jagung dan durian itu Rp 20 ribu, sedangkan untuk rasa coklat dibandrol Rp 25 ribu.
Ibu Nurlela, pemilik Gerai Bolu Kembojo Mimie. Kembojo Mimie membuat kreasi Bolu Kembojo Mini yang mudah dihabiskan sekali telan, dan tidak begitu manis.. agak kering di luar dan lembut padat di dalam. Gerai Bolu Kembojo ini berada di Jl. Pepaya, Pekanbaru. Bolu Kemojo mini disajikan dengan berbagai rasa. Variasi rasa bolu kemojo mini diantaranya: durian, jagung, ubi ungu dan labu. Untuk yang tidak ingin repot datang ke gerai, bolu kemojo mini Mimie melayani delivery order. Kita bisa membuat kontak lewat fasilitas BlackBerry Messenger (BBM: 2AD6D4D9), panggilan telepon (081374044431) hingga kicauan Twitter ke akun @kemojomini. Bolu kemojo mini rasa pandan ditawarkan dengan harga Rp. 1.200 dan rasa lainnya dengan harga Rp. 1500.






Tidak ada komentar: