Rabu, 31 Desember 2014

Ajarkanlah Aku Bertobat

Ajarkanlah aku bertobat.
Kadang ku lupa akan hakekat hidup.Disaat sedang dimabuk cinta aku lupa segalanya , aku lupa ada Allah disana yang mengawasiku, dan ada malaikat yang mencatat dosa atas perbuatanku yang kutahu hanya indah dan nikmat sesaat. ku telah lupa entah yang keberapa kali 5, 10 20, mungkin sudah seratus kali.
kujalani semua tanpa penyesalan. malam ini kumenangis, bulu-kuduku merinding saat kurenungkan tentang mati, tentang siksa kubur,apalagi neraka. kusadar bahwa aku harus berhenti dalam maksiat dan cinta bebas ini.
Tapi kenapa kutak mampu,hingga hari inipun masih kubuat janji. Wajahnya,indahnya, nikmatnya tlah menggiurkanku dan melupakanku padaNya. Ya Allah, ampunilah aku dan beri aku jalan untuk bertobat.
Saudaraku bantulah aku untuk bertobat,kuatkanlah hatiku dengan nasehatmu!
Salam,
Toro
Entah kenapa saya ingin sekali bercorat-coret tentang kekuatan Tuhan, ada kisah menarik yang ditulis oleh Ice Oktavia, saya nukilkan kisah yang dibuat olehnya:
ALLAH itu ada,,,
Ada seorang pemuda yang lama sekolah di negeri paman Sam kembali ketanahair. Sesampainya dirumah ia meminta kepada orangtuanya untuk mencari seorang Guru Agama, Kyai atau siapapun yang bisa menjawab 3 pertanyaannya. Akhirnya orang tua pemuda itu mendapatkan orang yang dimaksud tersebut.  
Pemuda: Anda siapa? Dan apakah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan saya?
Kyai : Saya hamba Allah dan dengan izin-Nya saya akan menjawab pertanyaan anda
Pemuda: Anda yakin? Sedang Profesor dan  banyak  orang pintar saja tidak mampu menjawab  pertanyaan saya.
Kyai : Saya akan mencoba sejauh kemampuan saya.
Pemuda: Saya punya 3 buah pertanyaan:
1. Kalau memang Tuhan itu ada, tunjukan wujud Tuhan kepada saya!
2. Apakah yang dinamakan takdir?
3. Kalau syetan diciptakan dari api   kenapa dimasukan ke neraka yang dibuat
dari api,tentu tidak menyakitkan buat syetan, sebab mereka memiliki unsur
yang sama. Apakah Tuhan tidak pernah berfikir sejauh itu?  
Tiba-tiba Kyai tersebut menampar pipi si Pemuda dengan keras. 
Pemuda sambil menahan sakit: Kenapa anda marah kepada saya?
Kyai : Saya tidak marah...Tamparan itu adalah jawaban saya atas 3 buah pertanyaan yang anda ajukan kepada saya.
Pemuda : Saya sungguh-sungguh tidak mengerti.
Kyai : Bagaimana rasanya tamparan   saya?
Pemuda: Tentu saja saya merasakan sakit
Kyai : Jadi anda percaya bahwa sakit itu ada?
Pemuda : Ya
Kyai : Tunjukan pada saya wujud sakit itu !
Pemuda: Saya tidak   bisa
Kyai : Itulah jawaban pertanyaan pertama: kita semua merasakan keberadaan Tuhan tanpa mampu melihat wujudnya.
Kyai : Apakah tadi malam anda bermimpi akan ditampar oleh saya?
Pemuda: Tidak
Kyai : Apakah pernah terpikir oleh anda akan menerima sebuah tamparan  dari saya hari ini?
Pemuda: Tidak.
Kyai : Itulah yang dinamakan Takdir.
Kyai : Terbuat dari apa tangan yang saya gunakanuntuk menampar anda?
Pemuda : kulit.
Kyai : Terbuat dari apa pipi anda?
Pemuda: kulit.
Kyai : Bagaimana rasanya tamparan saya?
Pemuda : sakit.
Kyai : Walaupun Syeitan terbuat dari api dan Neraka terbuat dari api, jika  Tuhan berkehendak maka Neraka akan menjadi tempat menyakitkan untuk syeitan.
Ketika kita mulai meragukan keberadaan Tuhan, keadaan seputarnya akan juga menjadi seolah mendukung apa yang telah kita lakukan. Tuhan terlalu besar bagi pertanyaan-pertanyaan bodoh kita. Adalagi suatu kiriman dari teman via email yang sebenarnya biasa saja, sebagai penggugah semangat kita untuk selalu ingat padaNya 
Kubur Setiap Hari Menyeru Manusia Sebanyak Lima (5) Kali ...  
1. Aku rumah yang terpencil,maka kamu akan senang dengan selalu membaca Al-Quran.
2. Aku rumah yang gelap,maka terangilah aku dengan selalu solat malam.
3. Aku rumah penuh dengan tanah dan debu,bawalah amal soleh yang menjadi hamparan.
4. Aku rumah ular berbisa,maka bawalah amalan Bismillah sebagai penawar.
5. Aku rumah pertanyaan Munkar dan Nakir,maka banyaklah bacaan
"Laa ilahaillallah, Muhammadar Rasulullah", supaya kamu dapat jawaban kepadanya.
  Lima Jenis Racun dan Lima Penawarnya .....
1. Dunia itu racun,zuhud itu ubatnya.
2. Harta itu racun,zakat itu ubatnya.
3. Perkataan yang sia-sia itu racun,zikir itu obatnya.
4. Seluruh umur itu racun, taat itu obatnya.
5. Seluruh tahun itu racun,Ramadhan itu obatnya.
Nabi Muhammad S.A.W bersabda:
Ada 4 di pandang sebagai ibu ", yaitu :
1. Ibu dari segala OBAT adalah SEDIKIT MAKAN.
2. Ibu dari segala ADAB adalah SEDIKIT BERBICARA.
3. Ibu dari segala IBADAT adalah TAKUT BUAT DOSA.
4. Ibu dari segala CITA CITA adalah SABAR.
Berpesan-pesanlah kepada kebenaran dan kesabaran.
Orang Yang Tidak Melakukan Solat:
Subuh : Dijauhkan cahaya muka yang bersinar
Zuhur : Tidak diberikan berkah dalam rezekinya
Asar : Dijauhkan dari kesehatan/kekuatan
Maghrib : Tidak diberi santunan oleh anak-anaknya.
Isyak : Dijauhkan kedamaian dalam tidurnya
 Sederhana kan apa yang ditulis dalam pesan email dari teman saya. Paling jatuhnya saya delete dan selesai deh. Hakekat penyadaran diri pada kita memang tidak bisa dilihat pada satu sisi saja. Penamparan pada pipi kita memang mesti selalu dan selalu kita lakukan entah dengan cara apa dan bagaimana. Cermin akan bilang bahwa kita ini lebih baik dari pada yang lain. Tapi orang lain dalam perspektif lain akan memiliki suatu sisi yang lebih obyektif. Coba renungkan lagi apa yang ingin disampaikan oleh kiriman teman saya yang lain.
Astaghfirullah hal adzim! Beberapa hari yg lalu aku bermimpi bertemu dgn sahabatku
Yg sudah meninggal 2 tahun yag lalu….Dia meninggal karena kecelakaan
Dia menemuiku di sebuah tempat yg insya Allah ! Aku gak pernah tahu atau kenal tempat apakah itu….?! (Sebagai gambaran saja tempat itu seperti sungai yang kering,
Berbatu cadas hitam,dan tidak ada pohon ! kecuali hanya pohon dan ranting yg sudah kering dan mati saja). Lalu dalam mimpi itu dia menyampaikan 3 pesan untuk aku
Dan ini adalah pesan dia dalam mimpiku.
Pesan pertama dia memohon dengan sangat kepadaku ( khususnya!) dan pada semua umat manusia ( pada umumnya) supaya berhati2 dalam menjalani hidup yg hanya 1x ini saja. Dia berpesan kepadaku....Niscaya kamu kelak gak akan pernah kuat dan mampu
untuk menerima (siksa) yang sekarang aku jalani ujarnya….Astaghfirullah hal adzim !!!
Pesan kedua,dia berpesan juga kepadaku untuk senantiasa melakukan amal kebajikan sebanyak2nya…jangan beramal karena hanya semata2 ingin di sanjung dan dipuji oleh
mahluk karena amal tersebut hanya akan menjadi bumerang buat kamu sendiri ! Buat apa mulia dimata mahluk tp hina di mata Allah ujarnya….Akan tetapi berama'lah hanya semata2 kepada Allah SWT. Ikhlas dan sabar itulah kuncinya katanya….karena kelak amal2 itu adalah sebagai penolong dan sekaligus penghapus dosa2 kita waktu didunia…..
Subhanallah…. .
Pesan dia yg terakhir….Dia berterima kasih kepadaku,karena (Alhamdulillah ) setiap
Kali aku kirim al fatihah atau Yassin kepadanya….Telah sedikitnya melindungi dia dari siksa'an malaikat !Yang sekarang sedang tak henti2nya menyiksanya….Dan,para malaikat2 itu bertanya kepada sahabatku..Perkara apa saja yg telah memalingkanmu dan mendustakanmu kepada apa-apa yg telah Allah turunkan melalui nabi dan para rosul-Nya !!! seraya menghantamkan sebuah gada yg panjangnya tak terkira ke tubuh sahabatku tersebut…
Dan,serentak aku terbangun ALLOHU AKBAR ! jam dinding dikamarku menunjukan pukul 02.30 dini hari…dan,aku bergegas menuju kamar mandi,ku ambil air wudlu
lalu aku dirikan sholat lail…Seraya berdoa agar aku terselamatkan dari siksa kubur dan siksa api neraka jahanam !!!
[Alloohummaghfir lahu Warhamhu Wa `Aafihi Wa'fu `ahu, Wa Akrim Nuzulahu, Wa Wassi' Madkholahu, Waghsilhu Bil Maa'i WatsTsalji Wal Barodi, Wa Naqqihi Minal Khothooyaa Kamaa Naqqaitats Tsaubal Abyadho Minad Danasi, Wa Abdilhu Daaron Khoiron Min Daarihi, Wa Ahlan Khoiron Min Ahlihi, Wa Zaujan Khoiron Min Zaijihi, Wa Adkhilhul Jannata, Wa A'idhu Min `Adzaabil Qabri]
Mudah2 mimpi dari sahabatku ini bisa kita ambil hikmahnya supaya kita lebih bijaksana dalam menjalani sisa helakan nafas kita ini...Allohumma amin.....
Subhaanakalloohumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illaa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaika......syukron kashiron...

Kemudahan untuk menatap kedepan akan menjadi berbanding terbalik ketika kita tahu bahwa kadang yang kita lakukan adalah sia-sia. Allah Maha Tahu apa yang Dia Kehendaki. Kita akan menjalani hidup dan menjalaninya. Bukan hanya menghaarap kemudahan, tetapi ridho yang kadang kita lupa untuk mintakan.

Tidak ada komentar: