Jumat, 26 Desember 2014

Aku Yang Ego

Aku yang Ego
Socrates lebih mementingkan ego dia dengan meminum racun daripada permintaan Plato untuk melarikan diri . Hitler akhirnya juga bunuh diri demi sebuah ego yang dengan keras kepala dia anut. Ego suatu kekuatan dalam diri yang terkadang lebih suka diartikan dengan kemauan diri sendiri dimana tidak ingin orang lain untuk memasukinya. Dalam mengartikulasi ego, Ragil, temanku berujar "maap kalo aku kadang nyebelin dan egois dalam ber temen.... thats me Lut.... ". Aku tersenyum kecil membaca email dia. Suatu penegasan dari dia dan pengakuan dari dia bahwa dia berhak memiliki ruang tersendiri yang tidak ingin orang lain menjamahnya. -orang tuanya sekalipun- . Chairil Anwar -yang sangat masih aku ingat- mengungkapkan egonya dengan pertama kali berkata "Aku" , tidak mennggunakan kata saya, hal bersifat terlalu individualistis pada masa itu.
"Aku adalah Binatang Jalang Yang Terbuang dari………". Aku ……, suatu obyektifitas penguatan jati diri dari pada saya. Aku yang tidak mau semua orang hanya berkata kasihan kepadaku. Aku yang hanya aku yang mampu untuk menghadapi sesuatunya sendiri. Aku yang ……………………
Aku yang menyebabkan Harjuna berani menantang kakaknya, Bima meskipun kesalahan berada di pundak Harjuna (karena menculik isteri seorang raja yang jauh lebih sakti). Aku juga yang menyebabkan Nanda dan Imet tidak merasa bersalah ketika VCD Itenas berkeliaran sampai ke Kantor Pusat Departemen Keuangan.
Tapi aku bukanlah aku yang sekuat seperti diperkirakan Ragil. Namun aku tetap bertahan dengan keakuan yang kadang bisa selesai dengan orang lain, yaaaaaaaaaah itulah aku. Aku lebih suka berkata dengan diriku dengan sebutan aku, bukan saya, aku lebih bisa merasa bahwa aku adalah aku tanpa basa basi.
Aku sangat menyadari, ternyata jiwa keakuan itu tidak hanya merenda dalam diri Ragil. Ragil- Ragil yang lain masih juga menguatkan aku untuk bertutur, termasuk aku, berteman mungkin bukan untuk menumpahkan segalanya, tetap masih ada ruang yang harus digali untuk menertawai diri sendiri, walaupun terkadang hal tersebut berat………………………………….dan sering menyakitkan.


Tidak ada komentar: