Jumat, 26 Desember 2014

Mbak Ika Nangis

Mbak Ika nangis

Aku bener-bener kaget. Bukan karena apa-apa, hal yang aneh menurutku adalah ketika suatu keadaan yang dibiasakan dan hal tersebut dibiasakan, menjadikan hal tersebut menjadi  bumerang tersendiri untuk bertindak.
Mbak Ika, nama aslinya kalau aku gak salah adalah Ika Ratnawati seorang lulusan STAN DIII spesialisasi pajak tahun 1998. Suami dia itu (kata mbak Ika) temen satu kelas (aku cuman berpikir, begitu sempitnya dunia), namanya mas Dudung, nggak tahu aku nama panjangnya. Mereka punya anak yang aku gak tahu namanya, tapi aku suka panggil anak itu dengan si dora, rambutnya mirip sih. Mereka sekarang tinggal happily di kawasan bintaro, wow cool man!
Aku kenal mbak ika udah terhitung satu setengah semester dari sekarang. Gimana nggak kenal, selama itulah secara accident aku selalu satu kelompok dengan mbak ika. Dari yang dimarah-marahi, diketawain, ampe ditagih-tagih bak  debt collector, maupun jadi ojeknya sudah kudapat, but that’s makes me  dan mbak ika jadi biasa aja. Mungkin kalau dia dibawahku udah sering kujitak kali ya (untung kakak kelas, karena pasti ditanggung kopyor,hehe). Iya lho, dulu aku pernah agak stres dengan mbak ika, tapi itu dulu banget pas pertama kali satu kelompok ama dia, wah gila nih pikirku, over protektif banget nih anak. Tahu gak, aku sempet ampe kepikir, coba dibawah latingku, wah mungkin udah aku serang habis-habisan dia. Tapi setelah menyelami (ceilah kolam renang) aku mulai bisa meritmekan diri dengan dia, yah meskipun aku sering lelet kalau kelompok ama dia. Ketiduran lah, main datang telat lah, bolos belajar kelompok lah, pulang kampung lah, tidur di tempat belajar kelompok lah, (suer deh, aku kelihatannya kagak ada kontribusi dikelompok ya? Heheh, bodo lah, yang penting jadi tugasnya, lutfi memang manusia yang aneh!)
Tapi jangan salah, meskipun dia itu tipikalnya memang gitu, otaknya tajir man. Aku (pernah terlintas) kepikiran, gimana ya suaminya, apa kalau makan malam atau sedang nonton tv bareng, selalu ada buku mata kuliah disampingnya? (gak kebayang deh aku,hehe maaf ya mbak). O iya, dia itu pernah cerita, kalau stres ama tugas, dikerahkanlah suaminya untuk membantu kerja tugas kelompok maupun pribadi,  wah suatu gerakan pemanfaatan sumber daya yang bagus (mas Dudung, kalau dimintai tolong lagi jangan mau deh, ntar kebiasaan lho, hehe)
Tapi yang aku kaget itu kapan ya? , oh pas kosong mata kuliah Operasional Audit, berarti hari rabu bulan Mei pas tanggal tua tahun 2005. aku masuk ke gedung F, tempat kami biasa kuliah (aku ampe eneg di gedung F, masak naruhnya anak DIV disitu-situ aja, kami-kami yang jomblo kan kesusahan dalam mencari stok-stok baru, karena yang ada digedung F kan stok-stok yang udah ada) ketemu mbak Ika, aku just say hallo (inilah jeleknya aku, kadang kagak pakek Assalamualaikum), aku tanya dia, waktu dikasih tahu kosong, aku kan langsung mau cabut pergi ah nongkrong kemana dulu, eh mbak Ika manggil aku. Aku disuruhnya (yang bener sih diminta oleh dia) duduk disamping dia. Yah aku turutin lah dia. Aku langsung berubah menjadi serius, sial nih ada apa kok atmosfernya kagak enak (kayak huka-huka aja) kulihat sekilas matanya berkaca –kaca dan mengeluarkan airmata (terus terang aku tuh paling gak tahan liat cewek nangis, aku biasanya pilih langsung ngeloyor). Dia tanya ke aku, gini kira-kira “dik (begitu dia biasa panggil aku), kamu marah ama aku ya? Aku mlongo (seperti terasa gedubrak, ada apa nih?) aku bingung sembari mlengos (bener deh, aku kagak tahan, mungkin kalau aku punya isteri, aku bisa jadi akan terbiasa, tapi sekarang belum!) kemudian dia cerita gimana dia dihantui perasaan yang tidak enak, dari underestimate lah ampe ke tugas-tugas ampe juga mencoba kontak aku tapi gagal terus (bayangin dia ampe sholat malam, bagaimana aku kagak gedubrak?). kalau dia enggak nangis, aku mungkin tertawa habis-habisan , tapi karena dia nangis, aku jadi tegang (yakin deh jangan pernah foto aku dalam kondisi begitu, aku bener-bener marah, gak tahu kan kalau aku marah?). oh iya,  dia kepikiran ama aku karena aku sering gak ikut kelompok terus aku terkesan bete dikelas (padahal aku memang bete, gimana enggak, aku gak punya duit, kan enggak bisa main-main)
Gimana aku njelasin coba, yah aku paling njelasin kalo aku gak apa-apa, tenang aja masalah kelompok itu aku udah kagak inget (oh, iya dia sempat merasa banget kalau aku serasa di under estimate ama dia, padahal aku bersukur juga sih karena aku jadi santai, yah agak error dikitlah setengah jam, tapi waktu mbak bilang, pas rabu itu, aku malah sempet nanya, yang mana mbak?). Aku terus terang kaget campur ill feel dengan masalah aneh itu. Aku paling males berurusan dengan air mata, tahu deh kenapa, kalau bukan sebabnya aku mah, aku sih gak papa di tangisi bombay ama seseorang, tapi kalau causednya aku, wah that’s makes me very ill feel.  
Dasar manusia yang aneh, aku sekarang jadi agak kagak enak deh. Tapi dicuek-cuekin aja. But thanks to mbak ika, otak mbak emang encer, wah kalau aku kagak satu kelompok, kelompokku mungkin akan jadi kelompok bandit kali ya, kelompok spesialis otak-atik soft copy. Tapi saranku satu deh buat mbak dari adik yang kagak tahu diri ini, satu (ceilah) belajarlah mbak untuk mempercayai orang lain seperti mbak mempercayai diri sendiri (bukan  berarti dilepas), dan yang kedua (huek cuih) ada pelajaran yang aku petik dari kasus kemarin, (bukan berarti aku narsis lho) untung aku, tapi kalau orang lain, gimana ya? Itu aja deh mbak. But tetep aja aku akan bilang, mbak memang perfeksionis, suatu karakter yang kadang aku inginkan, tapi sering terbentur oleh banyak barrier. Keep that mindset, but , please try to believe in your around more and more.

   

Tidak ada komentar: