Jumat, 01 April 2016

Menghirup Udara Bersih



Menghirup Udara Bersih
Kita sekarang jarang menghirup udara segar dan bersih. Dirumah kita menggunakan AC (Air Conditioner), dikantor sudah dapat dipastikan menggunakan AC, mobilpun tidak lepas dari AC. Ruangan perkantoran ataupun perbelanjaan sekarang ini tidak afdol kalau tidak memakai AC. Padahal AC itu tidak bersih, tidak segar dan resiko kesehatannya sangat tinggi. 
Udara segar dan bersih dapat menenangkan syaraf dan meredahkan stres. Efek positive udara bersih dan segar adalah darah yang sehat dan badan yang kuat. Pengaruhnya sangat tinggi kepada otak dan kondisi mental yang tenang dan keputusan yang jitu dan berimbang. Udara bersih dapat meningkatkan hasrat, meningkatkan daya cerna, dan memberi ruang tidur yang nyeyak dan istirahat yang bagus. Udara yang segar terdapat di pantai atau pegunungan. Udara didaerah tersebut banyak dan segar. Apalagi kalau kita juga melakukan olahraga, wah dipastikan segar suasanya.
Sinar Matahari adalah merupakan salah satu elemen dari vitamin D. Vitamin D bagus untuk kulit dan darah. Sekarang kita sering menghindari sinar matahari dengan berbagai macam cara. Alasan tersebut dilakukan agar kulit tetap putih terjaga. Mobil kita pasang kaca ribbon (gelap tembus pandang). Dirumah kita pasang hordeng yang mencegah sinar matahari masuk.  Sering kali sinar matahari di tutup dengan pohon pohon yang ditanam terlalu dekat rumah. Seharusnya penanaman pohon bisa dilakukan dengan tidak menutupi jendela. Jendela ditutup karena sudah ada AC. Kondisi pola kita seperti ini berakibat kita tidak mendapatkan manfaat yang didapatdari sinar matahari.
Sinar Matahari secara alami membuat Vitamin D di darah kita yg sangat dibutuhkan untuk kesehatan darah.  Kuman kuman yang jumlahnya bertambah terus di ruang AC yang jarang sirkulasi udaranya dapat dihentikan dengan sinar matahari. Usahakan sirkulasi udara yang teratur pada ruangan agar udara selalu segar. Manfaatnya akan dapat terlihat di pipi yang merah pada anak-anak dan kita karena sinar matahari tersebut.
Untuk orang lanjut usia yang daya tahan tubuhnya banyak menurun, sinar matahari harus selalu menyinari kamar dan badan mereka untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh mereka yang sudah lemah. Insya Allah akan tercegah dari penyakit.
Anak anak perlu dibawa ke alam bebas supaya mereka bisa dimandikan oleh sinar matahari yang menyehatkan.  Biarkan mereka mandi di alam bebas.lepaskan mereka dengan alam, iringi mereka dengan air hujan. Badan anak itu nanti akan terbentuk dengan kekuatan alam yanga ada. Kebersihan, sinar lembut matahari, keceriaan membuat kekuatan badan ini menjadi kebal terhadap penyakit
Jalan kaki adalah olahraga yang sederhana, sehat, tnpa keluar biaya, dan menyenangkan. Berolahraga sembari melihat seputar dengan gaya yang berbeda membuat kita akan sejenak melepas penat yang merangsang dada.
Kemudian, untuk melenguhkan nafas agar menjadi lega dan bergairah, cobalah untuk mengatur nafas anda. Bernafas yang dalam supaya memasuki O2 yang sempurna dan mengeluarkan racun CO2 dengan lebih cepat. Olah raga pernafasan semacam yoga, Tai Chi, dan Meditasi merupakan sarana dalam pengaturan pernafasan. Chi Kung (Ilmu pernafasan) semua dapat menyegarkan dan membuat badan kita sehat dan berdaya tahan terhadap penyakit yang tinggi.  Manfaat nafas dalam juga memperdayakan bagian paru paru yang jarang di pakai dan ini akan menyegarkan daerah tersebut. Dengan masuknya O2 banyak bakteri dapat terbunuh dan darah dapat mengalir dengan lancar didaerah yang jarang terpakai tersebut.
Jikalau bisa, bernafaslah minimal dua kali sekali, pada waktu pagi sewaktu bangun dan sebelum tidur.  Lebih baik kalau dibantu dengan nafas dalam sewaktu olah raga atau sewaktu berjalan kaki. Jayalah Olah raga. Dari berbagai Sumber
 
 
 
 

Tidak ada komentar: