Jumat, 01 April 2016

Inilah Otak Itu



Inilah Otak Itu
Otak adalah tempat perintah untuk bergerak. Jalinan ribuan syaraf bermain dan berlogika dalam berargumentasi menjadikan sikap dan tindakan bersilogis bersama
Otak bagian kanan mengendalikan bagian tubuh sebelah kiri, sedangkan otak bagian kiri mengendalikan tubuh bagian kanan. Misalnya, ketika kita menulis dengan tangan kanan berarti yang aktif adalah otak bagian kiri. Begitu juga sebaliknya.
Otak kiri berkaitan dengan kata-kata, logika, angka, urutan, linier, analisis, dan list. Sedangkan otak kanan berkaitan dengan irama, kesadaran ruang, kesadaran holistik, daya khayal, melamun, warna, dan dimensi. Ketika kita mengerjakan soal matematika, belajar bahasa, atau membuat daftar, yang aktif adalah otak kiri. Sedangkan ketika kita sedang menikmati musik, melamun, atau membayangkan bentuk sesuatu berarti yang sedang sibuk adalah otak bagian kanan.
Orang yang memiliki kemampuan otak kiri kuat akan lebih mudah belajar atau menyerap informasi jika informasi itu disajikan dengan urutan logis dan linier. Sedangkan orang yang didominasi otak kanan akan lebih mudah belajar atau menyerap informasi jika diberikan gambaran keseluruhannya lebih dulu. Orang-orang dengan otak kanan menyukai cara belajar yang melibatkan visualisasi, imajinasi, musik, seni, dan intuisi.
Jika kekuatan kedua belahan otak itu sama-sama dikembangkan dan digabungkan, kita akan mudah mengembangkan kecerdasan-kecerdasan yang lain, seperti kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Kita juga akan dapat lebih mudah menyerap dan memproses informasi secara lebih efektif.
Cara sederhana untuk memeriksa apakah selama ini kita telah benar-benar menggunakan kedua belahan otak adalah kita cukup mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri.
Untuk otak kiri tanyakan kepada diri sendiri apakah kita mampu berbicara dan memahami salah satu bahasa? Kalau jawabannya ya, itu berarti belahan otak kiri kita sudah kita pakai sehingga mampu beroperasi jauh lebih canggih dibandingkan dengan kebanyakan komputer modern. Karena untuk menguasai bahasa dibutuhkan keterampilan otak kiri, yaitu bidang angka, logika, analisis, dan urutan.
Kalau ingin mengecek otak kanan kita, tinggal tanyakan kepada diri sendiri “Biasanya aku ada di mana ya sewaktu ide-ide kreatif, imajinatif, dan menyelesaikan persoalan muncul di kepala?” Kebanyakan orang mendapatkan gagasan-gagasan kreatif dan imajinatif mereka ketika sedang mandi, sedang di pancuran, di tempat tidur lagi tidur-tiduran, lagi naik gunung, jalanjalan di pedesaan, atau sewaktu bersantai di dekat laut.
Gagasan atau ide cemerlang umumnya datang ketika kita dalam situasi santai, tenang, tidak tergesa-gesa, dan biasanya seorang diri. Ketika gagasan cemerlang itu muncul, yang benfungsi adalah otak kanan. Otak kanan bekerja paling efektif dalam situasi yang sangat rileks. Pada saat otak kanan beroperasi, maka otak kiri beristirahat.
Berjalannlah dengan otakmu, pergunakanlah otakmu, dan jangan sia-sia kan otakmu

Sumber: (Najiyah Martiam, Relawan PKBI DIY/dari berbagi sumber)

Tidak ada komentar: