Selasa, 09 Januari 2018

Derap Langkah Blackberry



Derap Langkah Blackberry

Sebenarnya, BlackBerry akan  diberi nama POCKET LINK, kemudian juga hampir dinamakan STRAWBERRY, karena mirip dengan buah strawberry. Sehingga dinamakan BLACKBERRY, nama  yang akrab tapi cerdas dan berkelas.

Pada tahun 1984, dua mahasiswa teknik dari Kanada yakni Mike Lazaridis (kuliah di Universitas Waterloo) dan Douglas Fregin (kuliah di Universitas Windsor) bekerja sama membuat perusahaan yang bernama Research In Motion. Perusahaan ini didirikan awalnya merupakan konsultan elektronik dan Komputer yang berada di Waterloo. Perusahaan tersebut awal berdirinya berfokus pada transmisi data wireless dan penyetingan wireless pada pelanggan dengan gelombang radio.
Pada tahun 1988 Research In Motion adalah perusahaan pertama dalam bidang pengembang teknologi data wireless di Amerika utara dan salah satu perusahaan pertama diluar Skandinavia yang mengembangkan produk konektifitas untuk jaringan penukar data dengan wireless. Teknologi ini pada dasarnya digunakan untuk komunikasi bisnis seperti pemrosesan penjualan kartu kredit.
Perusahaan yang didirikan oleh dua mahasiswa teknik asal Kanada tersebut pada tahun 1992 sedang memfokuskan bekerja dengan pager. Fokus tersebut berubah menjadi komunikasi wireless dua arah ketika staf penelitian menemukan cara tidak hanya menerima pesan pada pager akan tetapi mengirimkannya kembali. Proses tersebut menimbulkan komunikasi berjalan dengan dua arah. Lazaridis bereksperimen mengubah cara mengirim email dengan jaringan wireless. Jim Balsillie bergabung dengan RIM. Jim Baksillie mengeluarkan uang pribadinya 250000 dollar kedalam perusahaan.
Perusahaan CBC mengunjungi Research In Motion pada tahun 1993 untuk bertukar pikiran tentang “ personal Communitcator” miliki RIM yang dapat digunakan untuk mengirim pesan dengan wireless. Kegiatan ini merupakan awal sejarah perkembangan perusahaan RIM. Pada tahun 1996 Perusahaan RIM berhasil mengenalkan teknologi wireless pertama yang bernama Inter@active Pager. Tahun 1997, adalah tahun pertama kalinya perusahaan Research In Motion go public dan berhasil mendapatkan uang sejumlah 115 juta dollar dari investor.
Pada tahun  1998 Blackberry pertama keluar, dengan bentuk sebuah perangkat mini (computer) yang dapat digenggam dan berfungsi untuk menyediakan layanan wireless. Sistem kerjanya adalah menyediakan tampilan six-line dan menyediakan email dasar dan pager secara dua arah. Pengguna dapat juga melakukan browsing dengan format khusus yang berisi berita , cuaca dan pasar saham. Pada tahun ini RIM menjadi salah satu perusahaan di Kanada dengan tingkat pertumbuhan yang paling cepat.
RIM sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar dengan terdaftar di bursa NASDAQ pada tahun 1999. RIM berhasil meraup investor sebesar 250 juta dollar untuk mengembangkan teknologi Blackberry. RIM berhasil memperkenalkan Blackberry 850 Wireless Handheld, yang berhasil memadukan email, jaringan data wireless dan sebuah keyboard QWERTY yang sangat nyaman digunakan, sehingga permintaan akan alat ini semakin meningkat. Beberapa orang menyebut alat ini dengan nama “Crackberry”
Perusahaan yang bernama NTP Inc dari Virginia USA menuduh RIM melanggar hak patennya pada tahun 2001. RIM dituduh melanggar hak cipta dengan mengembangkan jaringan wireless email yang telah dikembangkan oleh NTP Inc. atas tuduhan tersebut akhirnya Lembaga Federal Amerika memenangkan NTP dan meminta RIM mengganti rugi sebesar 23.1 juta dollar. Pada bulan agustus 2003 peradilan mengeluarkan isu akan melarang penjulan Blackbery di Amerika Serikat akan tetapi hal ini tidak terjadi karena Blackberry melakukan banding.
Research In Motion merayakan ulangtahunnya yang ke 20 pada tahun 2004. Hadiah tersebut berupa penjualan pelanggan Blackberry yang mencapai satu juta diseluruh dunia.
RIM setuju untuk membayar denda sebesar 450 juta dollar pada tahun 2005 untuk menyelesaikan perselisihan. Pembayaran tersebut mengakibatkan RIM menjual sahamnya sampai 17 %. RIM dan NTP masih tetap berselisih terhadap kasus hak cipta dan kasus tersebut akan mereka bawa ke Lembaga Peradilan tertinggi di Amerika Serikat. Perseteruan panjang antara RIM dan NTP akhirnya selesai pada tahun 2006 dengan keputusan RIM setuju membayar denda kepada NTP sebesar 612,5 juta dollar dengan persetujuan RIM berhak melanjutkan proyek pengembangan service blackberry nya. Persetujuan ini juga berdampak RIM boleh menjual produk dan layanannya tanpa harus membayar royalti kepada NTP.
Bulan Oktober 2007 RIM mengumumkan bahwa pelanggan Blackberry melonjak tajam dengan mengklaim bahwa telah mencapai 10 juta pelanggan. Pada tahun ttersebut RIM mengeluarkan software Blackberry professional, yang mengijinkan server milik sebuah perusahaan mentransfer data ke perangkat Blackberry, dengan jumlah orang hanya dibatasi sampai 30 atau lebih sedikit. Pada bulan Desember 2007 RIM berhasil membuka Blackberry Store di Detroit. Toko ini menjual ponsel Blackberry , Aksesoris dan Software. Pada tahun tersebut Blackberry berhasil menambahkan pelanggannya sebanyak 1.65 juta sehingga membuat jumlah pelanggan Blackberry menjadi 12 juta. Semakin banyaknya jumlah pelanggan membuat Nilai jual Blackberry meningkat dua kali lipat menjadi 1.67 miliar dollar.
Pada tahun 2008 Blackberry mengeluarkan sebuah smartphone yang sangat fenomenal yaitu Blackberry Bold. Smartphone ini mempunyai resolusi layar dua kali lipat produk sebelumnya dan mempunyai bentuk yang cekung. Akan tetapi mempunyai ukuran yang lebih kecil dari iPhone. Juni 2008, walaupun saham menurun 10 % (salah perhitungan), jumlah pelanggan dari Blackberry bertambah sekitar 2.3 juta sehingga total pelanggan menjadi 16 juta. Bulan November 2008, RIM mengeluarkan Blackberry Storm sebuah ponsel layar sentuh pertama, walaupun waktu ini Blackberry sedang jaya akan tetapi smartphone ini tidak mendapatkan sambutan hangat. Bulan April 2009 RIM mengeluarkan APP World Online store, akan tetapi hal ini kurang berhasil karena jumlah aplikasi yang dapat didownload sangat sedikit. Bulan Agustus 2009 RIM dinobatkan sebagai perusahaan dengan pertumbuhan tercepat dengan rata rata pertumbuhan mencapai 77 % selama 3 tahun terakhir hal ini mengalahkan Apple yang tumbuh sebesar 27 %.
Bulan juni 2010 RIM Membeli system software QNX dan teknologi tersebut akan menjadi dasar dari system operasi Blackberry. Pada bulan Agustus 2010 RIM mengeluarkan Smartphone yang diberi nama Blackberry Torch, smartphone ini adalah smartphone yang mempunyai keyboard fisik dan sudah mempunyai teknologi layar sentuh. Bulan desember tahun 2010 sebagai usaha untuk mengembangkan tampilan interface dari system operasi Blackberry, RIM membeli Astonishing Tribe.
Bulan April tahun 2011 RIM mengeluarkan Sebuah PlayBook sebuah tablet yang bertujuan untuk menyaingi iPad milik Apple, sayang penjualan alat ini tidak terlalu menggembirakan. Karena gagal bersaing dengan kompetitornya, RIM memecat pekerjanya sebanyak 2000 orang, jumlah ini sebanding dengan 10 % total pekerja.
Bulan Januari 2012 karena tidak berkembangnya perusahaan, pendiri sekaligus CEO dari RIM yaitu Jim Balsillie dan Mike Lazaridis mengundurkan diri dari pucuk kepimimpinan tertinggi dilanjutkan oleh Thorsten Heins.
Bulan Januari 2013 RIM mengeluarkan Blackberry APP World guna menyiapkan sistem operasi terbaru mereka yaitu BB10. Blackberry App World menyediakan layanan penjualan music dan video sehingga membuat RIM mulai persaingan langsung dengan iTunes milik APPLE dan Google Play. Setelah mengeluarkan Blackberry 10 ( Z10 dan Q10) RIM secara resmi mengganti nama perusahaannya menjadi Blackberry nama ini sesuai dengan nama produk smartphone andalan mereka.
Tanggal 12 Agustus 2013 BlackBerry mengumumkan niat untuk menjual perusahaan karena posisi keuangan yang semakin tidak menguntungkan mereka dan persaingan dalam mobile industry. BlackBerry mengalami keterpurukan setelah tren ponsel berbasis Android mulai berkembang pesat. Perangkat BlackBerry mulai mengalami penurunan. BlackBerry tampaknya masih merilis perangkat terbaru dan mengandalkan pengembangan software, termasuk keamanan dan aplikasi.
Pada bulan September 2015 BlackBerry resmi meluncurkan BlackBerry Priv, sebuah phablet slider yang memanfaatkan sistem operasi Android dengan keamanan tambahan. Tahun 2016 BlackBerry meluncurkan Android mid-range bernama DTEK50. Kini, BlackBerry telah mengumumkan perangkat KEYone di gelaran Mobile World Congress (MWC) 2017 Barcelona. Tidak hanya itu, mereka juga menghadirkan Aurora pada tahun 2017 (rencana) di Indonesia.
BlackBerry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Saat itu perusahaan Starhub adalah rekan utama dari RIM ( Research In Motion ). Kemudian Pasar blackberry diramaikan oleh dua operator besar di tanah air yaitu Excelcom dan Telkomsel. Pada November 2010 blackberry akhirnya membuka kantor perwakilan di Indonesia. Di Indonesia Blackberry masih dijumpai digunakan oleh beberapa kalangan masyarakat.


Sumber :

Tidak ada komentar: