Sabtu, 11 Agustus 2018

Tugas BlackBerry dan Facebook


BlacBerry Section

 

Jelaskan cara kerja sistem blackberry untuk sistem BES dan BIS.


BES (Blackberry Enterprise Server)


BES singkatan dari Blackberry Enterprise Server yang bisa memberikan Blackberry akses ke intranet perusahaan. Intranet merupakan jaringan dalam suatu perusahaan yang bersifat pribadi dan internal perusahaan. Pada BES  pengguna BB ( Blackberry ) dapat mengsinkronisasikan data yang dimilikinya seperti nomor kontak, jadwal kalender, email, ke server BES sehingga dapat diakses dan disinkronisasikan kepengguna lain dengan permission tertentu yang dapat diatur oleh IT administrator perusahaan yang mengelola server. Cara kerjanya
Server terdaftar pada jaringan RIM (Research In Motion : perusahaan pemilik lisensi BB ) sehingga data – data yang ada dapat di  kirim / terima oleh pengguna BES diperusahaan tersebut melalui operator yang dipakai, namun disini IT administrator dapat mengelola setiap client BES pada perusahaan tersebut.
How does it work?
Dengan metode seperti itu maka data mendapat pengamanan berkali – kali , baik enkripsi yang diterapkan oleh RIM maupun server perusahaan (ataupun mengguanakn pengamanan  lapis berikutnya pada format data mengingat RIM tetaplah pihak eksternal dari perusahaan )

BIS (Black Berry Internet Service)


BIS adalah layanan yang disediakan oleh RIM untuk pengguna individu, dengan memberikan layanan internet terpadu melalui server RIM yang dilewatkan oleh operator yang dipakai. Selain itu dengan disediakan API (Aplication Programming Interface) yang dibuka oleh RIM kepada para developer menghasilkan beberapa aplikasi yang terhubung dengan server RIM secara langsung sehingga dapat menerima dan mengirim data langsung tanpa membuka sebuah web browser lagi seperti yang disediakan oleh kaskus.us
Pada BIS layanan yang dipakai biasanya adalah chating, social network (facebook, twitter, etc), push email ( yang memiliki POP3 ). One stop conectivity solution yang memudahkan manusia untuk saling terkoneksi secara mobile membuat BB menjadi banyak digemari dan memicu evolusi Homo conexus.


 

Apakah perbedaan dari keduanya?


BES meggunakan server perusahaan yang dapat dikelola sendiri,  sehingga IT administrator dapat menreapkan policy dan procedure yang diperlukan oleh perusahaan.  Dan dapat digunakan secara internal untuk mengefisiensikan lalu lintas data perusahaan secara mobile.
Sedangkan BIS menggunakan server penyedia layanan seperti operator, sehingga tidak ada administrator yang dapat mengatur kecuali operator dengan servernya. Selain itu BIS tidak bisa melakukuan sinkronisasi data internal seperti pada BES.

Dampaknya bagi perusahaan dan  karyawan? (Terutama berkaitan dengan etika)


·         Dampak baik bagi para korporasi dan Karyawan berkaitan dengan penggunaan Blackberry        
§  Meningkatkan produktivitas dan mobilitas karyawan, karena karyawan tersebut dapat dengan mudah mengakses data data perusahaan yang dibutuhkan dalam melakukan kegiatannya (BES)
§  Aplikasi serta informasi dapat diakses secara real time oleh karyawan sehingga dapat mempersingkat waktu yang dibuthkan oleh karyawan dalam melakukan pekerjaanya. (BES)
§  Lebih efektif dan efisein kepada karyawan dan perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis karena tidak harus bertatap muka secara langsung, cukup hanya melalui handheld Blackberry mereka dapat berkomunikasi
§  Terciptanya dunia bisnis yang bersifat Boderlees World (tak berbatas ) karena arus informasi dan data dapat diperoleh secara cepat dan tepat
·         Dampak buruk bagi para korporasi dan Karyawan berkaitan dengan penggunaan Blackberry     
§  Pengunaan Blackberry dapat disalahgunakan sebagai media berkomunikasi dan jaringan sosial yang digunakan karyawan, yang tidak ada hubunganya dengan duni kerja.. contoh : Chatting dan penggunaan sosial network yang berlebihan sehinggan menghambat produktivitas dalam bekerja
§  Layanan ini juga dapat disalahgunkan oleh para karywan dengan mengakses berbagai portala atau situs situs yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.
§  Karyawan akan terjebak dengan arus informasi yang sangat mudah diperoleh (membuka situs gosip dan berita ), sehingga mereka terlena dan akan lupa pada jobdesk mereka
§  Karena sifatnya yang terbuka, karyawan bisa bertukar informasi dan data sesama rekan mereka, yang dikhwatirkan dapat digunakan secara tidak baik oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab.

Bagaimanakah perusahaan dapat memanfaatkan sistem BES ini untuk sales force automation?


·         Dengan adanya layanan BES, perusahaan dapat memanfaatkan Blackberry sebagai media pertukaran  data kepada para ujung tombak pemasar produk mereka (SALES). Sehingga tercipta arus data 2 arah internal perusahaan secara mobile dan dapat dimanfaatkan untuk hal – hal seperti berikut
§  Segala Informasi mengenai produk perusahaan dapat dengan cepat diserap oleh para sales sehingga dapat disampaikan secara cepat dan tepat kepada para customer oleh sales.
§  Apabila terdapat pertanyaan dan keluhan yang dilayangkan oleh Customer kepada sales mengenai suatu produk, maka sales itu dapat dengan cepat melayangkan keluhan terhadap perusahaan dan secara cepat perusahaan memberikan respon tersebut melalui media Blackberry
§  Mempersingkat waktu bagi manajemen untuk mengambil suatu keputusan terhadap suatu produk berdasarkan informasi dan masukan yang mereka peroleh dari customer melalui perantara sales yang telah terkoneksi dengan layanan BES.
§  Mempermudah para stakeholders dalam berkomunikasi sehingga mempercepat waktu dalam memberikan respon yang berakibat sales forces akan semakin cepat, tepat dan cermat.


Facebook Section


Menurut tim Anda, analisislah apakah yang membuat facebook begitu populer di Indonesia?


1. Facebook adalah salah satu web 2.0 yang benar – benar mengaplikasikan web2.0 secara penuh diaman “WEB is a platform” (Oreilly, 2005) .Berbeda dengan web 2.0 lainya yang hanya fokus ke satu layanan kepada user,  Mark Z. (CEO FB) membuat FB sebagai full platform dimana user dapat sharing berbagai media (profile,photo,video,link web), comunication (message,chating) , menginstall/mencoba aplikasi lain dari developer FB dan terus berinovasi
2. penetrasi internet di indonesia lain di tahun 2010dibawah 10% (Apkomindo, 2010) menurun dibanding tahun  2009 17%  (Kompas, 2009) walaupun masih terbilang minim dibanding negara lain namun hal ini cukup membantu, disamping itu internet tidak hanya bisa diakses melalui ISP (Internet Service Provider) namun melalui jaringan GSM/CDMA secara mobile memudahkan Masyarakat Indonesia untuk mengakses layanan FB

3. Trend dan mental latah dibeberapa kalangan masyarakat. Informasi dari mulut ke mulut dan ikon Amerika calon presiden Barack Obama yang menggunakan FB untuk kampanye lalu berhasil, memicu pengguna FB

4. Publikasi dari beberapa media tentang FB yang secara tidak langsung menjadi marketing FB secara pasif, bukan hanya media internet (web dan blog) namun media offline seperti buku dan majalah banyak mengulas FB sebagai dampak dari animo masyarakat yang besar
5. Dengan banyaknya pemakai FB diindonesia sehingga memicu pengguna baru dengan tujuan menjalin koneksi lagi dengan teman lama dan dapat berkomunikasi lagi secara intensif melalui berbagai fitur komunikasi FB yang beragam.
6.  Terdapat pula sebuah API untuk para developer sehingga banyak tercipta aplikasi yang terkoneksi dengan FB yang mampu penjaring user lebih banyak secara bersamaan. Bahkan mulai dipakai sebagai OpenID untuk login system dibeberapa server aplikasi lain,.

Sebagai sebuah web 2.0, facebook dapat dimanfaatkan oleh perusahaan:

- dalam bidang/bentuk apakah pemanfaatannya?

  1. Bidang pemasaran
a.       Perusahaan lebih mudah menjual sesuai dengan segmentasi produknya. Karena dalam facebook telah terdapat informasi mengenai umur, kota tinggal, minat, pendidikan, dan lain-lain. ( menggunakan FB ads system )
b.      Perusahaan dapat memperkuat Positioning brand image atau corporate image dengan mengenalkan dirinya ke  konsumen.
c.       Perusahaan lebih memiliki jangkauan pasar yang luas dengan biaya yang rendah.
d.      Perusahaan dapat mempromosikan produk-produknya melalui facebook.
e.       Hubungan pemasar dan perusahaan dapat terkoneksi sehingga membantu gerak pemasar di lapangan.
f.       Konsumen dapat berinteraksi dengan perusahaan secara langsung.
  1. Bidang HR
a.       Perusahaan dapat melihat data calon karyawan pada proses rekrutmen melalui  facebook.
b.      Leader dapat melihat/memantau aktifitas / personal image staff
  1. Bidang Produksi
a.       UKM atau perusahaan retail dapat memberikan informasi jumlah barang yang tersedia sehingga konsumen dapat
  1. Bidang Keuangan
a.       Perusahaan dapat memperlihatkan laporan keuangan melalui facebook.

- apa dampak pemanfaatan facebook bagi perusahaan dan karyawannya? (terutama berkaitan dengan etika)


  1. Ketidakprofesionalan karyawan dengan pengaksesan facebook akan berdampak menurunnya kinerja karyawan dan perusahaan. Sehingga muncul wacana pembatasan penggunaan facebook lebih jauh lagi pembatasan internet.
  2. Kesalahpahaman, kekurang pahaman,maupun kurangnya kesadaran akan IT policy & procedure antara perusahaan dan karyawan tidak jarang menjadi sebuah konflik di dalam perusahaan, yang berakibat kenyamanan dalam bekerja sedikit terganggu.
  3. Dampak positif bisa dirasakan di bidang marketing, efisiensi biaya dan mudahnya penyampaian informasi kepada konsumen sangat membantu proses brand positioning bahkan untuk perusahaan baru sekalipun. Namun kekurangsiapan perusahaan terhadap social media yang bersifat bebas dan mempunyai pola arah yang berbeda dimana konsep satu arah informasi antara perusahan à konsumen tidak berlaku lagi. Pada social media perusahaan dan konsumen terjadi komunikasi 2 arah, begitu pula antar konsumen yang bebas berkomunikasi mengenai perusahaan. Sehingga komunikasi bebas yang tidak bisa dikendalikan oleh pihak internet marketing / social media administrator akan dapat menghancurkan brand positioning dalam waktu yang singkat.


Setujukah tim anda jika pemakaian facebook dalam perusahaan dibatasi? Mengapa demikian?


Perihal mengenai wacana pembatasan pemakaian facebook dalam perusahaan, kelompok kami berpendapat bahwa pertama wacana itu diartikan sebagai langkah perusahaan dalam menjaga kinerja atau produktivitas bekerja dan data internal perusahaan yang harus dijaga privasinya. Kedua kita perlu melihat jenis usaha serta jenis bagian dalam perusahaan yang perlu dibatasi. Untuk jenis usaha yang bersifat online tentu pembatasan itu tak perlu dilakukan. Sedangkan untuk usaha yang offline, tidak semua bagian perlu adanya pembatasan. Pada bidang pemasaran kita bisa mempergunakan fasilitas facebook untuk membantu tugas kita. Namun untuk bagian yang bersifat ”kantoran” pembatasan perlu dilakukan mengingat kebiasaan orang Indonesia yang selalu “update status” tiap terdapat satu kejadian yang mungkin secara tidak sengaja / diluar dugaan karena kurang pahamnya karyawan dapat membocorkan informasi internal perusahaan. Pembatasan bisa dilakukan dalam bentuk aturan yang biasanya aturan laranngan pemberian data internal perusahaan diatur dalam kontrak kerja, penggunaan subnetting pada jaringan perusahaan sehingga dapat dilakukan perbedaan aturan akses internet antara divisi yang membutuhkan akses FB maupun divisi yang tidak memerlukannya . Namun secara umum perusahaan perlu untuk mengukur kinerja dan melakukan pengawasan tiap karyawannya agar setiap kebijakan untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya tepat sasaran. Untuk itu pemahaman tentang kemajuan teknologi harus terus dikembangkan karena teknologi dapat sangat membantu akan tetapi kurangnya pemahaman justru akan membuat perusahaan menjadi tidak efisian dan tertinggal dengan perusahaan lain



Reference


Apkomindo. (2010, april 19). Article : Gatra. Retrieved September 29, 2010, from Gatra Website: http://www.gatra.com/artikel.php?id=136930
Kompas. (2009, desember 8). Internet : Tekno Kompas. Retrieved september 29, 2010, from Kompas website: http://tekno.kompas.com/read/2009/12/08/13553071/pengguna.internet.melonjak.17.persen
Oreilly, T. (2005, October 09). what is web 2.0. Retrieved September 30, 2010, from oreilly Web site: http://oreilly.com/web2/archive/what-is-web-20.html



by:

·        Aditya budi Kristanto
·        Dayu Bagus Permata
·        Hadiyan lutfi
·        RB Yohari Listiawan
·        Risto Asrika Waliprana  
Wara Wibuti wulandari


Tidak ada komentar: