Sabtu, 04 Agustus 2018

“Mikama Company”.. Organizational Behaviour


Dalam kasus ini terjadi individual organization conflict, konflik terjadi antara para pekerja dengan tujuan perusahaan. Perusahaan memiliki rencana yang berfokus pada pengurangan biaya (cost reduction), mengatasi masalah pekerja (resolve the employee problem), dan penghilangan kegiatan yang tidak perlu (reduce waste).  Kebijakan tersebut mendorong perusahaan melakukan berbagai program yang mendukung tujuan perusahaan, seperti mengubah jam kerja karyawan serta mengubah kebiasaan karyawan yang suka ngobrol, pesta, tidur dan main kartu di saat jam kerja.
Kebijakan tersebut dinilai karyawan sangat merugikan bagi mereka, sehingga respon terhadap program justru menimbulkan contraproductive work behaviour seperti terjadinya pencurian oleh karyawan saat jam kerja malam. CWB ini muncul karena kebijakan perusahaan membuat kepuasan kerja (job satisfaction) karyawan tidak tercapai. Di sisi lain, juga terjadi konflik pada posisi top management dalam proses pengambilan keputusan.
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini, antara lain :
1.      Mempertemukan keinginan karyawan dan perusahaan, sehingga terjadi kesepakatan diantara kedua belah pihak. Dengan adanya kesepakatan ini diharapkan karyawan dapat mendukung kebijakan perusahaan, sehingga tujuan perusahaan tercapai. Kesepakatan dan komunikasi yang baik ini memberikan kepuasan kerja bagi karyawan karena semua keputusan diambil dengan asas keadilan (fairness).
2.      Melakukan perbaikan dalam manajemen terutama di tingkat top level management dengan menjalin komunikasi yang baik dan terkoordinasi, sehingga keputusan yang diambil tidak menimbulkan konflik perusahaan.
3.      Organisasi harus bisa menciptakan suasana kondusif yang mendukung iklim kerja yang baik di perusahaan, sehingga produktivitas perusahaan meningkat.
4.      Peningkatan jiwa leadership dari para manager perusahaan seperti sikap kooperatif, ramah, bijaksana, dan menghargai kepada karyawan, karena karyawan merupakan aset perusahaan yang sangat penting.


Oleh :
1.     Eka Puspitasari                            1056020
2.     Hadiyan Lutfi                     1056025
3.     Lully Angga Laksmita        1056034
4.     Nurdana Kusuma Putra      1056039
 


Tidak ada komentar: