Jumat, 23 Januari 2015

Pemberian yang Mengesankan

Pemberian yang Mengesankan   
   
   
Memberikan sesuatu kepada seseorang kadang tidak terpikirkan untuk diberikan. Kita lebih memikirkan pemberian yang bermakna daripadda pemberian yang sederhana dan menyenangkan. Pusingnya kita akan pemberian yang mahal dan berarti itu mejadi perhatian utama dalam eksplorasinya.
Kehadiran orang yang disayangi merupakan hadiah yang tidak terlupakan.sarana pendukung seperti surat, telepon, foto atau faks. Ada perasaan yang beda ketika kita mampu hadir disamping orang yang disayangi, rasa itu akan terus mengalir menembus urat nadi. Rasa aitu akan lebih terbagi dengan sentuhan perasaan, perhatian, dan kasih sayang secara lebih intensif dan terasa. Kedatangan kado memang diharapkan, tapi kehadiran lebih diinginkan.
Mendengarkan adalah pekerjaan yang melelahkan. Harkat manusia untuk didengarkan lebih kuat. Berbicara dan berbicara dengan ada yang mendengarkan. Tapi ketika ada kondisi untuk mendengarkan diadakan, muncul keadaan dimana keadaan menjadi tidak menjadi menarik. Sedikit orang yang mampu memberikan  tindakan mendengarkan ini, Lebih banyak orang yang lebih suka didengarkan, daripada mendengarkan. Saling mendengarkan antar teman merupakan pola tenggang rasa yang menarik.Keharmonisan hubungan antar manusia amat ditentukan oleh kesediaan saling mendengarkan. Berikan kesempatan mendengarkan sebagai pemberian yang mahal untuknya. Dengan mencurahkan perhatian pada apa yang dibicarakannya, kita juga telah menumbuhkan pada diri kita kesabaran dan kerendahan hati. Untuk bisa mendengar dengan baik, dibutuhkan keadaan yang tenang, rileks, fokus dan muka yang tertarik. Tatap wajahnya. Tidak perlu menyela, mengkritik, apalagi menghakimi. Biarkan ia berceloteh apa adanya. Ini memudahkan kita untuk berargumentasi kemudian. Atau kadang tidak perlu berrgumentasi, hal tersebut memang perlu kesabaran. Seperti kata-kata, didalam diam juga ada kekuatan. Diam bisa dipakai Untuk menghukum, memuji, atau membingungkan orang. Diam juga bisa menunjukkan kecintaan kita pada seseorang karena memberinya "tempat" dalam bersikap secara lebih bebas.
Mencintai seseorang adalah mencintainya dengan apa yang kita cintai itu. Mencintai bukan membentuk orang untuk menjadi lebih dicintai. Mencintai adalah perasaan dimana perasaan itu muncul, bukan berarti memberi kita hak penuh untuk memiliki atau mengatur kehidupannya. Memberi kebebasan adalah salah satu perwujudan cinta. Makna kebebasan bukanlah, "melewati batas-batas yang tidak wajar." Memberi kebebasan adalah memberinya kepercayaan penuh untuk bertanggung jawab atas hal yang ia putuskan atau lakukan sepanjang masih dalam koridor norma dan hukum.
You’re wonderful tonight........lagu Eric Clapton memang menggambarkan penghormatan terhadap orang yang dicintai secara lebih menyenangkan dan menenteramkan. Siapa yang tak bahagia, apabila orang yang disayangi tiba-tiba tampil lebih rupawan? Tampil indah dan rupawan juga merupakan pemberian yang menyenangkan. Tampil menyenangkan setiap hari adalah pemberian yang menyenangkan. Tidak perlu sempurna setiap hari, tapi menyenangkan setiap hari adalah hal yang beda dalam berhubungan. Tanpa sadar, kita sering memberikan penilaian negatif terhadap pikiran, sikap atau tindakan orang yang kita sayangi. Seolah-olah tidak ada yang benar dari dirinya dan kebenaran mutlak hanya pada kita. Upaya arogan sering keluar tanpa disengaja. Coba berikan tanggapan positif. Cobalah ingat,berapa kali dalam seminggu terakhir anda mengucapkan terima kasih atas segala hal yang dilakukannya demi Anda. Ingat-ingat pula, pernahkah Anda memujinya. Kedua hal itu, ucapan terima kasih dan pujian (dan juga permintaan maaf ), adalah kado cinta yang sering terlupakan.
Hindari pertengkaran tidak berarti, semua manuasia sama, mereka juga tidak suka akan perkelahian. Tidak semua masalah layak menjadi bahan pertengkaran. Kesediaan untuk mengalah merupakan hal yang berat, tapi itulah hal yang dibutuhkan, kemenangan sesaat hanya menjadi penggalian kubur bagi diri sendiri
Tersenyum dan tersenyum. Sepele tapi sering tidak dilakukan. Percaya atau tidak, kekuatan senyuman sunnguh luar biasa. Senyuman, menjadi pencair hubungan yang beku, pemberi semangat dalam keputusasaan. pencerah suasana muram, bahkan obat penenang jiwa yang resah. Senyuman juga merupakan isyarat untuk membuka diri dengan dunia sekeliling kita. Senyum menghindari kita dari hal-halyang tidak diinginkan


Tidak ada komentar: