BlacBerry Section
Jelaskan cara kerja sistem blackberry untuk sistem BES dan BIS.
BES (Blackberry Enterprise Server)
BES singkatan dari Blackberry
Enterprise Server yang bisa memberikan Blackberry akses ke intranet perusahaan.
Intranet merupakan jaringan dalam suatu perusahaan yang bersifat pribadi dan
internal perusahaan. Pada BES pengguna
BB ( Blackberry ) dapat mengsinkronisasikan data yang dimilikinya seperti nomor
kontak, jadwal kalender, email, ke server BES sehingga dapat diakses dan
disinkronisasikan kepengguna lain dengan permission tertentu yang dapat diatur
oleh IT administrator perusahaan yang mengelola server. Cara kerjanya
Server terdaftar pada jaringan RIM
(Research In Motion : perusahaan pemilik lisensi BB ) sehingga data – data yang
ada dapat di kirim / terima oleh
pengguna BES diperusahaan tersebut melalui operator yang dipakai, namun disini
IT administrator dapat mengelola setiap client BES pada perusahaan tersebut.
Dengan metode seperti itu maka data
mendapat pengamanan berkali – kali , baik enkripsi yang diterapkan oleh RIM
maupun server perusahaan (ataupun mengguanakn pengamanan lapis berikutnya pada format data mengingat
RIM tetaplah pihak eksternal dari perusahaan )
BIS (Black Berry Internet Service)
BIS
adalah layanan yang disediakan oleh RIM untuk pengguna individu, dengan
memberikan layanan internet terpadu melalui server RIM yang dilewatkan oleh
operator yang dipakai. Selain itu dengan disediakan API (Aplication Programming
Interface) yang dibuka oleh RIM kepada para developer menghasilkan beberapa
aplikasi yang terhubung dengan server RIM secara langsung sehingga dapat
menerima dan mengirim data langsung tanpa membuka sebuah web browser lagi
seperti yang disediakan oleh kaskus.us
Pada
BIS layanan yang dipakai biasanya adalah chating, social network (facebook,
twitter, etc), push email ( yang memiliki POP3 ). One stop conectivity solution
yang memudahkan manusia untuk saling terkoneksi secara mobile membuat BB
menjadi banyak digemari dan memicu evolusi Homo conexus.
Apakah perbedaan dari keduanya?
BES
meggunakan server perusahaan yang dapat dikelola sendiri, sehingga IT administrator dapat menreapkan policy
dan procedure yang diperlukan oleh perusahaan. Dan dapat digunakan secara internal untuk
mengefisiensikan lalu lintas data perusahaan secara mobile.
Sedangkan
BIS menggunakan server penyedia layanan seperti operator, sehingga tidak ada
administrator yang dapat mengatur kecuali operator dengan servernya. Selain itu
BIS tidak bisa melakukuan sinkronisasi data internal seperti pada BES.
Dampaknya bagi perusahaan dan karyawan? (Terutama berkaitan dengan etika)
·
Dampak
baik bagi para korporasi dan Karyawan berkaitan dengan penggunaan Blackberry
§
Meningkatkan
produktivitas dan mobilitas karyawan, karena karyawan tersebut dapat dengan
mudah mengakses data data perusahaan yang dibutuhkan dalam melakukan kegiatannya
(BES)
§
Aplikasi
serta informasi dapat diakses secara real time oleh karyawan sehingga dapat
mempersingkat waktu yang dibuthkan oleh karyawan dalam melakukan pekerjaanya.
(BES)
§
Lebih
efektif dan efisein kepada karyawan dan perusahaan dalam mengambil keputusan
bisnis karena tidak harus bertatap muka secara langsung, cukup hanya melalui
handheld Blackberry mereka dapat berkomunikasi
§
Terciptanya
dunia bisnis yang bersifat Boderlees
World (tak berbatas ) karena arus informasi dan data dapat diperoleh secara
cepat dan tepat
·
Dampak
buruk bagi para korporasi dan Karyawan berkaitan dengan penggunaan Blackberry
§
Pengunaan
Blackberry dapat disalahgunakan sebagai media berkomunikasi dan jaringan sosial
yang digunakan karyawan, yang tidak ada hubunganya dengan duni kerja.. contoh :
Chatting dan penggunaan sosial network yang berlebihan sehinggan menghambat
produktivitas dalam bekerja
§
Layanan
ini juga dapat disalahgunkan oleh para karywan dengan mengakses berbagai
portala atau situs situs yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.
§
Karyawan
akan terjebak dengan arus informasi yang sangat mudah diperoleh (membuka situs
gosip dan berita ), sehingga mereka terlena dan akan lupa pada jobdesk mereka
§
Karena
sifatnya yang terbuka, karyawan bisa bertukar informasi dan data sesama rekan
mereka, yang dikhwatirkan dapat digunakan secara tidak baik oleh oknum oknum
yang tidak bertanggung jawab.
Bagaimanakah perusahaan dapat memanfaatkan sistem BES ini untuk sales force automation?
·
Dengan
adanya layanan BES, perusahaan dapat memanfaatkan Blackberry sebagai media
pertukaran data kepada para ujung tombak
pemasar produk mereka (SALES). Sehingga tercipta arus data 2 arah internal
perusahaan secara mobile dan dapat dimanfaatkan untuk hal – hal seperti berikut
§
Segala
Informasi mengenai produk perusahaan dapat dengan cepat diserap oleh para sales
sehingga dapat disampaikan secara cepat dan tepat kepada para customer oleh
sales.
§
Apabila
terdapat pertanyaan dan keluhan yang dilayangkan oleh Customer kepada sales
mengenai suatu produk, maka sales itu dapat dengan cepat melayangkan keluhan
terhadap perusahaan dan secara cepat perusahaan memberikan respon tersebut
melalui media Blackberry
§
Mempersingkat
waktu bagi manajemen untuk mengambil suatu keputusan terhadap suatu produk
berdasarkan informasi dan masukan yang mereka peroleh dari customer melalui
perantara sales yang telah terkoneksi dengan layanan BES.
§
Mempermudah
para stakeholders dalam berkomunikasi sehingga mempercepat waktu dalam
memberikan respon yang berakibat sales forces akan semakin cepat, tepat dan
cermat.
Facebook Section
Menurut tim Anda, analisislah apakah yang membuat facebook begitu populer di Indonesia?
1.
Facebook adalah salah satu web 2.0 yang benar – benar mengaplikasikan web2.0
secara penuh diaman “WEB is a platform” (Oreilly,
2005) .Berbeda dengan web 2.0 lainya yang hanya fokus ke satu layanan
kepada user, Mark Z. (CEO FB) membuat FB
sebagai full platform dimana user dapat sharing berbagai media
(profile,photo,video,link web), comunication (message,chating) , menginstall/mencoba
aplikasi lain dari developer FB dan terus berinovasi
2. penetrasi internet di indonesia
lain di tahun 2010dibawah 10% (Apkomindo, 2010) menurun dibanding tahun 2009 17%
(Kompas, 2009) walaupun masih terbilang minim
dibanding negara lain namun hal ini cukup membantu, disamping itu internet
tidak hanya bisa diakses melalui ISP (Internet Service Provider) namun melalui
jaringan GSM/CDMA secara mobile memudahkan Masyarakat Indonesia untuk mengakses
layanan FB
3. Trend dan mental latah dibeberapa kalangan masyarakat. Informasi dari mulut ke mulut dan ikon Amerika calon presiden Barack Obama yang menggunakan FB untuk kampanye lalu berhasil, memicu pengguna FB
4. Publikasi dari beberapa media tentang FB yang secara tidak langsung menjadi marketing FB secara pasif, bukan hanya media internet (web dan blog) namun media offline seperti buku dan majalah banyak mengulas FB sebagai dampak dari animo masyarakat yang besar
5. Dengan banyaknya pemakai FB
diindonesia sehingga memicu pengguna baru dengan tujuan menjalin koneksi lagi
dengan teman lama dan dapat berkomunikasi lagi secara intensif melalui berbagai
fitur komunikasi FB yang beragam.
6.
Terdapat pula sebuah API untuk para developer sehingga banyak tercipta
aplikasi yang terkoneksi dengan FB yang mampu penjaring user lebih banyak
secara bersamaan. Bahkan mulai dipakai sebagai OpenID untuk login system
dibeberapa server aplikasi lain,.
Sebagai sebuah web 2.0, facebook dapat dimanfaatkan oleh perusahaan:
- dalam bidang/bentuk apakah pemanfaatannya?
- Bidang pemasaran
a.
Perusahaan
lebih mudah menjual sesuai dengan segmentasi produknya. Karena dalam facebook
telah terdapat informasi mengenai umur, kota tinggal, minat, pendidikan, dan
lain-lain. ( menggunakan FB ads system )
b.
Perusahaan
dapat memperkuat Positioning brand image atau
corporate image dengan mengenalkan
dirinya ke konsumen.
c.
Perusahaan
lebih memiliki jangkauan pasar yang luas dengan biaya yang rendah.
d.
Perusahaan
dapat mempromosikan produk-produknya melalui facebook.
e.
Hubungan
pemasar dan perusahaan dapat terkoneksi sehingga membantu gerak pemasar di
lapangan.
f.
Konsumen
dapat berinteraksi dengan perusahaan secara langsung.
- Bidang HR
a.
Perusahaan
dapat melihat data calon karyawan pada proses rekrutmen melalui facebook.
b.
Leader
dapat melihat/memantau aktifitas / personal image staff
- Bidang Produksi
a.
UKM
atau perusahaan retail dapat memberikan informasi jumlah barang yang tersedia
sehingga konsumen dapat
- Bidang Keuangan
a.
Perusahaan
dapat memperlihatkan laporan keuangan melalui facebook.
- apa dampak pemanfaatan facebook bagi perusahaan dan karyawannya? (terutama berkaitan dengan etika)
- Ketidakprofesionalan karyawan dengan pengaksesan facebook akan berdampak menurunnya kinerja karyawan dan perusahaan. Sehingga muncul wacana pembatasan penggunaan facebook lebih jauh lagi pembatasan internet.
- Kesalahpahaman, kekurang pahaman,maupun kurangnya kesadaran akan IT policy & procedure antara perusahaan dan karyawan tidak jarang menjadi sebuah konflik di dalam perusahaan, yang berakibat kenyamanan dalam bekerja sedikit terganggu.
- Dampak positif bisa dirasakan di bidang marketing, efisiensi biaya dan mudahnya penyampaian informasi kepada konsumen sangat membantu proses brand positioning bahkan untuk perusahaan baru sekalipun. Namun kekurangsiapan perusahaan terhadap social media yang bersifat bebas dan mempunyai pola arah yang berbeda dimana konsep satu arah informasi antara perusahan à konsumen tidak berlaku lagi. Pada social media perusahaan dan konsumen terjadi komunikasi 2 arah, begitu pula antar konsumen yang bebas berkomunikasi mengenai perusahaan. Sehingga komunikasi bebas yang tidak bisa dikendalikan oleh pihak internet marketing / social media administrator akan dapat menghancurkan brand positioning dalam waktu yang singkat.
Setujukah tim anda jika pemakaian facebook dalam perusahaan dibatasi? Mengapa demikian?
Perihal mengenai wacana pembatasan
pemakaian facebook dalam perusahaan, kelompok kami berpendapat bahwa pertama
wacana itu diartikan sebagai langkah perusahaan dalam menjaga kinerja atau
produktivitas bekerja dan data internal perusahaan yang harus dijaga
privasinya. Kedua kita perlu melihat jenis usaha serta jenis bagian dalam
perusahaan yang perlu dibatasi. Untuk jenis usaha yang bersifat online tentu
pembatasan itu tak perlu dilakukan. Sedangkan untuk usaha yang offline, tidak
semua bagian perlu adanya pembatasan. Pada bidang pemasaran kita bisa
mempergunakan fasilitas facebook untuk membantu tugas kita. Namun untuk bagian
yang bersifat ”kantoran” pembatasan perlu dilakukan mengingat kebiasaan orang
Indonesia yang selalu “update status”
tiap terdapat satu kejadian yang mungkin secara tidak sengaja / diluar dugaan
karena kurang pahamnya karyawan dapat membocorkan informasi internal
perusahaan. Pembatasan bisa dilakukan dalam bentuk aturan yang biasanya aturan laranngan
pemberian data internal perusahaan diatur dalam kontrak kerja, penggunaan
subnetting pada jaringan perusahaan sehingga dapat dilakukan perbedaan aturan
akses internet antara divisi yang membutuhkan akses FB maupun divisi yang tidak
memerlukannya . Namun secara umum perusahaan perlu untuk mengukur kinerja dan
melakukan pengawasan tiap karyawannya agar setiap kebijakan untuk
mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya tepat sasaran. Untuk itu pemahaman
tentang kemajuan teknologi harus terus dikembangkan karena teknologi dapat
sangat membantu akan tetapi kurangnya pemahaman justru akan membuat perusahaan
menjadi tidak efisian dan tertinggal dengan perusahaan lain
Reference
Apkomindo. (2010, april 19). Article : Gatra.
Retrieved September 29, 2010, from Gatra Website:
http://www.gatra.com/artikel.php?id=136930
Kompas. (2009, desember 8). Internet : Tekno Kompas.
Retrieved september 29, 2010, from Kompas website:
http://tekno.kompas.com/read/2009/12/08/13553071/pengguna.internet.melonjak.17.persen
Oreilly, T. (2005, October 09). what is web 2.0.
Retrieved September 30, 2010, from oreilly Web site:
http://oreilly.com/web2/archive/what-is-web-20.html
by:
·
Aditya budi Kristanto
·
Dayu Bagus Permata
·
Hadiyan lutfi
·
RB Yohari Listiawan
·
Risto Asrika Waliprana
Wara
Wibuti wulandari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar