Senin, 31 Agustus 2015

Semangat Bapak Tua



 
Semangat Bapak Tua
Di dunia Barat seseorang dianggap tua ketika mereka mencapai Masa tua merupakan masa sekitar masa manusia. Orang tua memiliki kemampuan regeneratif yang terbatas dan lebih mudah terserang penyakit.  Untuk biologi penuaan lihat senescence. umur 60-65 tahun. Beberapa pemerintah menawarkan pension masa tua dan rencana pensiun. Masa pensiun adalah masa di mana akhir kerja seseorang.
Seorang lelaki yang sudah sangat berumur mempunyai selera lumayan,percaya diri, dan self assessment yang tertata, berpakaian rapi, dengan rambutnya yang teratur rapi, masuk ke panti jompo hari ini. Istrinya baru-baru ini meninggal. Bapak itu tersenyum ketika diberi tahu bahwa kamarnya telah siap.
Kebahagiaan adalah sesuatu yang kamu putuskan di awal. Apakah aku akan menyukai kamarku atau tidak, tidak tergantung dari bagaimana perabotannya diatur tapi bagaimana aku mengatur pikiranku. Aku sudah memutuskan menyukainya. Itu adalah keputusan yang kubuat setiap pagi ketika aku bangun tidur. Aku bisa menghabiskan waktu di tempat tidur menceritakan kesulitan-kesulitan yang terjadi padaku karena ada bagian tubuhnya yang tidak bisa berfungsi lagi, atau turun dari tempat tidur dan berterima kasih atas bagian-bagian yang masih berfungsi. Setiap hari adalah hadiah, dan selama mataku terbuka, aku akan memusatkan perhatian pada hari yang baru dan semua kenangan indah dan bahagia yang pernah kualami dan kusimpan. Hanya untuk kali ini dalam hidupku. Terima kasih padamu yang telah mengisi kenanganku. Aku sedang menyimpannya di dalam hati yang dalam ini sendirian.
Sudah jamak diketahui bahwa salah satu tanda-tanda seseorang mulai disebut memasuki masa lanjut usia adalah menurunnya kemampuan mengingat. Letak kaca mata terakhir, no telepon rumah, atau nomor telepon yang dulu bisa dihafal luar kepala kini harus dicatat dengan hati-hati – sampai anda lupa di mana anda meletakkan catatan tersebut barusan. Semakin ‘usangnya’ otak kita membuat ingatan-ingatan lama mulai sulit dibuka kembali dan ingatan-ingatan baru lebih sulit disimpan dengan benar. Memang sampai saat ini tidak banyak yang bisa kita lakukan untuk menunda penuaan secara fisik, namun beberapa efek negatifnya, seperti berkurangnya daya ingat, dapat diminimalisasi dengan menjaga kesehatan mental.
Orang tua yang merelakan dirinya memasuki rumah jompo dengan kebahagiaan itu merupakan salah satu bentuk manajemen hati yang susah untuk dilakukan. Pola pemasrahan diri kepa Tuhan tan pa mengisi hari dengan bersyukur dan bergerak membuat raga ini menjadi mati dan mati.
Ingat-ingatlah lima aturan sederhana untuk menjadi bahagia yakni dengan Bebaskan hatimu dari rasa benci. Kemuadian Bebaskan pikiranmu dari segala kekuatiran. Tetaplah Hiduplah dengan sederhana. Selalu berusaha berikan lebih banyak (give more)  dan akhirnya jangan terlalu banyak mengharap (expect less). Ketika hidup bergerak tanpa beban dan selalu bersyukur padanya.... kekuatan akan hati ini akan mendorong untuk kuat dan tegar. Saya masih berfikir apakah saya sanggup seperti itu dimasa tua saya tanpa berfikir tentag kompleksitas hati dan pikiran. Entahlah, aku hanya mencoba berharap dan berharap.



Tidak ada komentar: