Masbuq dalam Islam
Dianjurkan
kepada makmum, baik yang masbuq (tertinggal) atau pun tidak masbuq, untuk
mengikuti seluruh gerakan imam, termasuk doa dan bacaan yang terdapat dalam
gerakan tersebut, kecuali lafal sami’allahu liman hamidah, maka si makmum
membaca lafal robbana wa lakal hamd.
Hadit Rasulullah saw:
انما جعل الامام ليؤتم به
“Sesungguhnya dijadikannya imam itu untuk diikuti”
انما جعل الامام ليؤتم به
“Sesungguhnya dijadikannya imam itu untuk diikuti”
Secara etimologi Masbuq adalah isim maf’ul yang bermakna
“terdahului/tertinggal”. Adapun
secara terminologi
Masbuq adalah Orang yang tertinggal sebagian raka’at atau semuanya dari imam
dalam sholat berjama’ah. Atau orang yang mendapati imam setelah raka’at pertama
atau lebih dalam sholat berjama’ah. (Kamus al-Muhith, Qawaid al-Fiqh dan
Hasyiyah Ibnu ‘Abidin, 1/400)
pendapat Jumhur Ulama yang menyatakan bahwa seorang makmum disebut
masbuq itu apabila ia tertinggal ruku’ bersama imam. Jika seorang makmum
mendapati imam sedang ruku’, kemudian ia ruku bersama imam, maka ia mendapatkan
satu raka’at dan tidak disebut masbuq. Dan gugurlah kewajiban membaca surat
al-Fatihah.
makmum disebut masbuk apabila ia tertinggal bacaan surat Al-Fatihah. Ini adalah pendapat segolongan dari ulama. Diantaranya adalah ucapan Abu Hurairah, diriwayatkan oleh Imam Bukhori tentang bacaan al-Afatihah di belakang imam dari setiap pendapat yang mewajibkan bacaan al-Afatihah di belakang imam. Demikian pula pendapat Ibnu Khuzaimah, Dhob’i dan selain keduanya dari Muhaddits Syafi’iyyah kemudian diperkuat oleh Syaikh Taqiyyuddin As-Subki dari Ulama Mutakhkhirin dan ditarjih oleh al-Muqbili, ia berkata: “Aku telah mengkaji permasalahan ini dan aku menghimpunnya pada pengkajianku secara fiqih dan hadits maka aku tidak mendapatkan darinya selain yang telah aku sebutkan yaitu tidak terhitung raka’at dengan mendapatkan ruku’. (‘Aunul Ma’bud 3:146)
مَنْ أَدْرَكَ الرُّكُوْعَ فَقَدْ أَدْرَكَ
الرَّكْعَةَ { أبو داود ، الفقه الإسلامي – سليمان رشيد 116 }
Artinya: “Siapa yang mendapatkan ruku’, maka ia
mendapatkan satu raka’at”. (HR. Abu Dawud, FIqh Islam-Sulaiman Rasyid : 116)
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ،
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلّى الله عليه و سلم : ” إِذَا جِئْتُمْ إِلَى الصَّلاَةِ
وَ نَحْنُ سُجُوْدٌ فَاسْجُدُوْا وَ لاَ تَعُدُّوْهاَ شَيْئاً وَ مَنْ أَدْرَكَ
الرَّكْعَةَ فَقَدْ أَدْرَكَ الصَّلاَةَ “ { رواه أبو داود 1 :
207،عون المعبود 3 : 145}
Dari Abu Hurairah, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW telah
bersabda : “ Apabila kamu datang untuk shalat, padahal kami sedang sujud,
maka bersujudlah, dan jangan kamu hitung sesuatu (satu raka’at) dan siapa yang
mendapatkan ruku’, bererti ia mendapat satu rak’at dalam sholat (nya)”. (
H.R Abu Dawud 1 : 207, Aunul Ma’bud – Syarah Sunan Abu Dawud 3 : 145 )Jumhur Ulama berkata: “Yang dimaksud dengan raka’at disni adalah ruku’, maka yang mendapati imam sedang ruku’ kemudian ia ruku’ maka ia mendapatkan satu raka’at. (Al-Mu’in Al-Mubin 1 : 93, Aunul Ma’bud 3 : 145)
إِنَّ أَباَ بَكْرَةَ إِنْتَهَى إِلَى
النَّبِيِّ صلّى الله عليه و سلم وَ هُوَ رَاكِعٌ فَرَكَعَ قَبْلَ أَنْ يَصِلَ
إِلَى الصَّفِّ فَذَكَرَ ذَلِكَ لِلنَّبِيِّ صلّى الله عليه و سلم فَقاَلَ : ”
زَادَكَ اللهُ حِرْصاً وَ لاَ تُعِدْ “ { رواه البخاري، فتح الباري
2 : 381}
“ Sesungguhnya Abu Bakrah telah datang untuk solat
bersama Nabi SAW (sedangkan) Nabi SAW dalam keadaan ruku’, kemudian ia ruku’ sebelum
sampai menuju shaf. Hal itu disampaikan kepada Nabi SAW, maka Nabi SAW
bersabda (kepadanya) : “ Semoga Allah menambahkan kesungguhanmu, tetapi
jangan kamu ulangi lagi ”.
Abi Hurairah ra, bahwasanya ia berkata : “
Jika engkau mendapatkan suatu kaum sedang ruku’, maka tidak terhitung raka’at ”.
( H.R Al-Bukhari, Aunul Ma’bud 3 : 147 )
Dari Abi Hurairah, dari Nabi SAW, ia
bersabda : “ Apabila kamu mendengar Iqamah, pergilah untuk sholat, dan kamu
mesti tenang, santai serta tidak terburu-buru. Apa yang kamu dapati (bersama
imam) sholatlah, dan apa yang ketinggalan (dari imam), maka sempurnakanlah ”.
( H.R Al-Jama’ah, Fathul Bari 2 : 167 )
“Bahwasannya Muqhirah bin Syu’bah
menceritakan, bahwa dia berperang bersama Rasulullah Saw diperang Tabuk. Mughirah
berkata; Rasulullah hendak membuang hajat, kemudia mencari tempat yang
tertutup, maka aku bawakan satu ember air sebelum shalat subuh, ketika beliau
kembali, aku tuangkan air dari ember itu ketangannya, beliau membasuh tiga
kali, kemudian membasuh wajahnya, kemudian menyingsingkan jubahnya untuk
mengeluarkan lengannya, akan tetapi lengan jubah itu sempet, maka Rasulullah
memasukan tangannya kedalam jubahnya dan mengeluarkannya dari bawah jubah, maka
beliau membasuh kedua tangannya sampai kedua sikunya, kemudian beliau berwudlu
di atas khuf (maksudnya tidak membasuh kaki, tapi beliau cukup mengusap bagian
atas khuf (semacam kaos kaki yang terbuat dari kulit), kemudian beliau bergegas
(menyusul rombongan), Mughirah berkata: akupun bergegas bersama beliau, maka
kami mendapati romobongan (para sahabat) sedang shalat shalat, dan Abdurrahman
bin Auf yang menjadi imam mereka, dan sudah masuk rakaat terakhir. Maka ketika
Abdurrahman bin Auf salam dan selesai shalat, Rasulullah menyempurnakan
shalatnya, maka hal itu membuat kaum muslimin keheranan (Rasulullah menjadi
ma’mum), merekapun memperbanyak tasbih, maka ketika Rasulullah selesai shalat,
beliau menghadap kepada para sahabat dan berkata: ahsantum (kalian telah
berbuat benar), Mughirah berkata: atau beliau waktu itu mengatakan: kalian
benar, dimana mengajak manusia untuk shalat tepat pada waktunya”. (HR. Imam Muslim 2/107 no: 105)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar