Kamis, 09 Oktober 2008

Keracunan Udang

Keracunan Udang
Peristiwa ini terjadi di Taiwan , ada seorang wanita meninggal mendadak dgn lima panca indera keluar darah,setelah diselidiki ternyata wanita ini meninggal bukan karena bunuh diri atau dibunuh melainkan karena ketidaktahuan akan terjadi keracunan makanan. Wanita ini ada kebiasaan minum Vit C tiap hari, ini tdk masalah, masalahnya karena malam itu wanita kebanyakan makan udang, sebenarnya cuma makan udang saja tdk masalah, orang rumahnya juga banyak makan udang malam itu dan tak ada yg meninggal. Pada dasarnya udang mengandung Arsenic Pentoxide (As2O5), berhuhung habis makan udang wanita itu minum Vit C, terjadilah reaksi kimia di dlm perut membuat As3O5 berubah menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yg sangat beracun , mengakibatkan hati, jantung, ginjal, pembuluh darah rusak, usus keluar darah, pembuluh darah melebar hingga wanita itu meninggal mengenaskan dgn kelima panca indera keluar darah.Beberapa waktu yang lalu dunia maya dihebohkan oleh beredarnya cerita yang dikirim lewat surat elektronik mengenai seorang wanita di Taiwan yang meninggal akibat minum vitamin C setelah menyantap udang. Tapi ada hal yang menarik, saya menemukan sanggahan dari kiriman email tersebut, katanya lagi pula tidak akan ada reaksi kimia berbahaya setelah kita menyantap udang dan vitamin C.
Orang itu bernama Dr dr Aru Sudoyo, SpPD, dari Sub bagian Hematologi-Onkologi Medik Bagian Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM. "Masyarakat seharusnya tahu bahwa yang ada di internet tidak selalu benar, cerita tentang orang yang keracunan gara-gara makan udang dan vitamin C itu sama sekali takhyul dan tidak benar," katanya saat dihubungi oleh KCM lewat telepon.
Menurutnya, saat ini sejumlah produk perikanan, termasuk udang dan kerang memang diindikasikan terkontaminasi logam berat dan zat kimia lainnya akibat pencemaran. Namun kandungan logam berat dalam produk perikanan tersebut tidak secara langsung akan menyebabkan seseorang keracunan, demikian pula halnya jika meminum vitamin C setelahnya.
"Secara kimiawi tidak mungkin udang dan vitamin C akan bereaksi seperti itu. Jika memang ada peristiwa seperti yang diceritakan dalam email itu, seharusnya orang tersebut diotopsi sehingga diketahui penyebab pastinya, bisa saja karena penyakit jantung”, tandasnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dampak makanan laut yang tercemar terhadap kesehatan tubuh tidak akan bersifat langsung dan akut. Sementara itu konsumsi vitamin C yang dianjurkan setiap harinya adalah sekitar 100mg/hari. "Jika berlebihan tidak ada gunanya, malah bisa menyebabkan batu pada ginjal karena air seni jadi terlalu asam," paparnya.
Keracunan udang bisa dihilangkan dengan jahe. Caranya, ambil jahe secukupnya, kupas sampai bersih dan diparut. Parutan ini kita campurkan dengan minyak tanah sambil diremas-remas. Kemudian kita gosokkan di seluruh punggung, dan anggota badan yang lain. Setelah itu gunakan untuk tidur dengan menyelimuti badan sampai rapat. Kalau nanti badan kita mengeluarkan banyak keringat, artinya obat tadi telah meresap diseluruh badan, dan kita sudah sembuh
Udang juga dapat mengakibatkan keracunan dan mabuk. Sebagai penawarnya; mula-mula usahakan penderita muntah, lalu minumkan air kelapa hijau 1 buah. Agar penderita lekas muntah, gunakan telur mentah, dikocok lalu diminumkan sampai kenyang. Atau boleh juga diminumkan susu sapi mentah.
Beruntunglah saya. Ikutilah saya. Kalau ada selain udang, kenapa harus makan udang? Ya toh

2 komentar:

helena arifiani mengatakan...

Alkhamdulillah akhirnya ada penjelasan yg logis.. trims,..

Luffy mengatakan...

hehehe secara sudah trauma ama udang mbak, hehe